Biaya Persalinan Normal yang ditanggung BPJS hanya Rp600 Ribu

Persalinan Normal ditanggung BPJS

Sebuah pertanyaan seputar layanan BPJS Kesehatan masuk kepada kami, dimana isi pertanyaan tersebut berkaitan dengan pertanggungan bpjs untuk ibu yang akan melahirkan. Bunyi pertanyaannya adalah : Apakah biaya persalinan normal akan ditanggung BPJS sepenuhnya atau hanya Rp 600 ribu saja?

Seperti yang telah kami bahas sebelumnya, bpjs memberikan fasilitas layanan kesehatan bagi ibu hamil yang akan melahirkan yaitu dengan menanggung biaya persalinannya, baik itu persalinan normal maupun persalinan caesar. Adapun biaya yang ditanggung berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Baca Disini : Informasi Biaya Persalinan yang ditanggung BPJS

Dari pembahasan tersebut telah jelas bahwa bpjs akan menanggung biaya persalinan peserta bpjs, khusus untuk ibu yang melahirkan normal maka biaya yang ditanggung bpjs kesehatan yaitu sebesar Rp 600 ribu saja, peserta tidak boleh dikenakan biaya tambahan, apabila peserta diminta biaya tambahan maka peserta dapat melaporkan faskes tersebut ke bpjs kesehatan untuk ditindak lanjuti..

Anda bisa melahirkan dengan menggunakan fasilitas kesehatan seperti puskesmas, klinik atau bidan yang sudah masuk ke jaringan faskes tingkat 1 bpjs kesehatan. Untuk mendapatkan jaminan kesehatan dari bpjs maka anda perlu membawa ktp , kk dan kartu peserta bpjs saat hendak melahirkan ke faskes 1 tersebut.

Apabil peserta dalam kondisi darurat, seperti terjadi pendarahan serius, kejang serius , ketuban pecah atau kondisi lainnnya yang mengancam jiwa ibu dan anak yang ada dalam kandungan, maka bisa langsung dibawa ke rumah sakit tanpa harus membawa surat rujukan dari faskes 1. Inget ! hanya untuk kondisi gawat darurat. Selain ini anda perlu membawa surat rujukan dari faskes 1.

Sekedar informasi tambahan, jika persalinan dilakukan dengan cara operasi caesar maka bpjs akan menanggung biaya sesuai dengan jenis operasi caesar, apakah ringan? sedang atau berat? dan berdasarkan kelas iuran yang dipilih.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply