Operasi Persalinan Caesar ditanggung BPJS Kesehatan

Operasi Caesar ditanggung BPJS Kesehatan

Operasi Caesar ditanggung BPJS Kesehatan

Masih banyak pertanyaan masuk yang menanyakan tentang persalinan ibu hamil menggunakan BPJS Kesehatan, yaitu apakah biaya melahirkan ditanggung BPJS atau tidak. Memang sangat perlu sekali menanyakan terlebih dahulu sebelum berobat, yang terpenting mengetahui prosedur berobat yang dibuat oleh BPJS.

Menjawab pertanyaan yang mungkin saja anda juga bertanya tentang pertanyaan yang sama. Sebelumnya kami telah memberikan info bahwa Persalinan Normal ditanggung BPJS Kesehatan. Lantas bagaimana dengan Operasi Caesar?

Selama peserta BPJS Kesehatan mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, tindakan operasi caesar atas dasar indikasi medis yang jelas dari dokter / bidan, maka biayanya dapat ditanggung BPJS Kesehatan. Ya benar, BPJS Kesehatan akan menjamin biaya operasi caesar yang dilakukan untuk mengeluarkan bayi anda.

Baca Juga : Istirahat yang cukup agar terhindar dari Persalinan Caesar 

Yang harus anda tahu mengenai Prosedur agar persalinan dengan Caesar ditanggung BPJS Kesehatan yaitu : Ibu yang ingin melahirkan sudah menjadi peserta aktif BPJS, dan Ketika ingin melahirkan maka langsung datang ke faskes 1 terdekat (sesuai dengan yang tertera pada kartu, karena memang faskes yang ada pada kartu merupakan faskes terdekat dengan domisili peserta).

Jika memang diharuskan operasi caesar maka peserta akan dirujuk ke Rumah Sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS dari Faskes, peserta akan diantar menggunakan Mobil Ambulance, dan kemudian mendapatkan penanganan dari Rumah Sakit Rujukan. (tetap membawa dokumen KK, KTP, Kartu BPJS Peserta jika sewaktu-waktu dibutuhkan).

Kecuali dalam kondisi darurat, peserta boleh langsung ke rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS, adapun Kondisi darurat bagi ibu hamil meliputi perdarahan, kejang kehamilan, ketuban pecah dini, dan kondisi lainnya yang dapat menyebabkan keparahan, kecacatan, dan/atau kematian jika tidak segera ditangani.

Adapun mengenai Biaya operasi caesar yang ditanggung BPJS Kesehatan telah diatur sesuai dengan sistem INA-CBGs. Tarif dibedakan berdasarkan kualifikasi rumah sakit, kelas perawatan peserta, regional rumah sakit, tingkat keparahan medis, tapi yang terpenting adalah urusan klaim biaya operasi itu urusan antara Rumah Sakit dengan BPJS, peserta tidak boleh dikenakan biaya lagi. Jika ternyata ada peserta yang masih dikenakan biaya tambahan dapat melaporkan ke BPJS Kesehatan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Obat obatan yang di resepkan banyak juga yang harus dibeli. Ini namanya biaya tambahan atau bukan..dan bagaimana tanggungjawab BPJS?

Leave a Reply