Bayar Iuran BPJS Harus Langsung Semua Anggota Keluarga yang Terdaftar

bayar-iuran-bpjs-harus-semua-anggota-keluarga

Jika anda warga negara indonesia yang baik tentu sudah mendaftar menjadi peserta bpjs berikut keluarga anda yang ada dalam 1 KK. Dengan mendaftar bpjs selain menetapi kewajiban sebagai kewarganegaraan berarti anda juga turut serta dalam bergotong royong untuk membantu sesama yang sedang sakit, begitu juga sebaliknya ketika anda dan keluarga sedang sakit anda mendapat bantuan dari BPJS yang juga dari peserta lainnya.

Peserta yang terdaftar memiliki hak dan kewajiban, haknya adalah mendapatkan jaminan sosial dari bpjs dan kewajiban nya adalah membayar iuran setiap bulan tepat waktu sesuai dengan kelas yang dipilih, untuk kelas 1 biaya iurannya adalah Rp 80.000, kelas 2 adalah Rp51.000 dan kelas 3 adalah Rp25.500

Peserta harus membayar iuran sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Dan pembayaran iuran harus langsung semua anggota keluarga, jadi tidak bisa masing – masing peserta. Terdapat perubahan skema pembayaran sesuai dengan peraturan direktur bpjs yang telah dibuat pada bulan september 2016

Jadi jika anda terdaftar dengan 3 anggota keluarga (anda, suami/istri, 2 anak) dengan pilihan kelas 2 (Iurannya Rp51.000 perorang) maka anda harus membayar seluruh iuran secara langsung dengan total iuran perbulan Rp204.000 / bulan (untuk seluruh anggota keluarga terdaftar). Jika menunggak maka tinggal dikalikan saja berapa bulan anda menunggak.

Pembayaran iuran bisa dilakukan di beberapa tempat seperti Indomaret, Alfamaret, Kantor POS. Namun jika anda telah membayar iuran maka status keanggotaan seluruh keluarga akan di nonaktifkan, untuk mengaktifkannya lagi anda cukup melunasi tunggakan. Apabila menunggak 1 tahun maka pembayaran tagihan hanya dapat dilakukan di administrasi kantor BPJS.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply