Bayar Tunggakan Iuran BPJS Tidak Bisa dicicil

Bayar Tagihan BPJS di Kantor BPJS

Salah seorang peserta BPJS Kesehatan statusnya dinonaktifkan karena telat membayar iuran, iuran yang tidak dibayar selama 1 tahun sehingga wajib untuk dilunasi agar bisa aktif kembali dan menggunakan fasilitas layanan kesehatan dari BPJS (JKN).

Pembayaran iuran yang tertunggak selama 1 tahun dapat dibayar di kantor BPJS Kesehatan terdekat, anda dapat membawa kartu peserta BPJS dan KTP. Pembayaran iuran tidak bisa dicicil maka anda harus membayar iuran sesuai dengan tagihan yang tertunggak.

Mengapa tidak bisa dicicil? Karena sistem pembayaran iuran bpjs kesehatan menggunakan sistem Close Payment, sehingga harus dibayar sesuai dengan tagihan yang ada. Setelah peserta melunasi tunggakan iuran maka status keanggotaan akan diaktifkan kembali.

Jika anda berobat dalam kurun waktu 45 hari sejak status diaktifkan maka anda akan dikenakan denda. Jika tidak ingin kena denda maka anda dapat berobat setelah 45 hari sejak status diaktifkan / tagihan anda lunas. Ketika berobat pun harus mengikuti prosedur yang berlaku yaitu mengunjungi ke faskes tingkat pertama terlebih dahulu.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply