Skema Baru Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

skema-baru-pembayaran-bpjs

Ada sebuah perubahan dalam BPJS Kesehatan, perubahan yang dimaksud adalah skema baru mengenai pembayaran iuran bpjs kesehatan. Dimana peserta membayar iuran sekaligus untuk seluruh peserta dalam 1 KK , sebagian peserta yang belum mendengar informasi ini panik, dan mereka fikir tagihan yang muncul pada saat ingin membayar iuran adalah untuk 1 peserta saja.

Sebagai contoh jika anda peserta bpjs yang terdaftar pada kelas 1 dengan jumlah anggota keluarga sebanyak 4 orang (Suami, Istri dan 2 Anak). Untuk iuran kelas 1 besar iurannya adalah Rp80.000 , maka total pembayaran yang harus di bayar Rp320.000. Jadi, pada saat ingin melakukan pembayaran total tagihan yang muncul yaitu untuk semua keluarga anda yang terdaftar dalam bpjs.

Skema baru pembayaran iuran bpjs ini tertulis dalam Peraturan Direktur Nomor 16 tahun 2016, yang menyatakan bahwa pembayaran iuran dalam satu keluarga dapat dilakukan menggunakan satu nomor PA dalam anggota keluarga tersebut, sehingga ketika ingin membayar menggunakan satu nomor PA maka muncul tagihan seluruh keluarga bukan 1 per orang.

Sebelumnya membayar iuran per orang (masing – masing sesuai dengan nomor kartu bpjs nya) dan harus membayar biaya administrasi per transaksi. Dengan Peraturan mengenai skema pembayaran yang baru ini memberikan keuntungan pada peserta yaitu akan akan memangkas biaya administrasi yang setiap satu peserta mencapai Rp 2.500 tersebut.

“Kalau dulu kan satu-satu, otomatis biaya administrasinya kan dihitung satu-satu juga, jadi setidaknya dengan cara yang sekarang akan lebih membuat hemat”

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. bagaimana jika dlm 1kk yg ikut dalam anggota bpjs 1 orang dan sisa nya sudah dapat kartu KIS, apa kena biaya utk bpjs??

Leave a Reply