4 Layanan KB yang ditanggung BPJS Kesehatan

layanan-kb-yang-ditanggung-bpjs

Berdasarkan aturan baru yang termuat dalam Perpres no.19 tahun 2016 bahwa peserta bpjs kini dapat menggunakan layanan kb secara gratis, yang sebelumnya layanan ini belum ditanggung bpjs. Peserta bpjs saat ini tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk bisa mendapatkan layanan kb ini.

Program kb merupakan salah satu cara untuk merencanakan dan menunda untuk memiliki anak, peserta bpjs dapat memilih beberapa layanan kb yang ditanggung bpjs. Adapun beberapa layanan kb tersebut diantaranya sebagai berikut :

1. KB Tubektomi dan Vasektomi

BPJS Kesehatan telah menjalin kerjasama dengan BKKBN untuk memberikan pelayanan kb kepada para peserta bpjs, yaitu layanan kb tubektonomi dan Vasektomi. Untuk penjelasan mengenai kedua nya dapat buka link dibawah ini. Namun secara singkat tubektonomi itu untuk Wanita dan Vasektomi untuk Pria.

Baca Juga : Tubektomi ditanggung BPJS
Baca Juga : Vasektomi ditanggung BPJS

2. Pemasangan alat Kontrasepsi dan Konsultasi

BPJS Kesehatan juga menanggung biaya untuk pemasanagan alat kontrasepsi dan konsultasi, sesuai dengan peraturan pemasangan alat kontrasepsi yang ditanggung bpjs yaitu kontrasepsi IUD Nova T dan Coper T.

Kontrasepsi IUD Nova T bermaksud untuk menunda kehamilan pada seorang wanita, dimana alat kontrasepsi ini dipasang pada organ wanita pada saat setelah melairkan caesar maupun normal.

Jika Peserta melahirkan di bidan atau puskesmas (faskes 1) maka jika ingin menggunakan alat kontrasepsi ini maka bisa minta rujukan ke rumah sakit. Sehingga dapat dilakukan pemasangan alat kontrasepsi ini.

3. Pemasangan dan pelepasan Alat KB Spiral

Alat KB yang lain yaitu spiral, kini bpjs juga telah bekerjasama dengan BKKBN untuk memberikan kemudahan kepada peserta bpjs untuk bisa menggunakan alat kontrasepsi spiral yang ditanggung bpjs.

4. KB Suntik

Alat KB yang ditanggung bpjs selanjutnya yaitu Suntik KB, namun aturannya yaitu KB suntik yang di tanggung bpjs adalah 3 bulan sekali. Jika anda menginginkan kb suntik sebulan sekali maka biayanya ditanggung sendiri.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply