Tubektomi, KB Steril untuk Wanita ditanggung BPJS Kesehatan

KB dengan cara Vasektomi

Ada beberapa cara yang dilakukan seseorang untuk melakukan KB, seperti meminum pil, menggunakan kondom saat berhubungan suami istri, atau yang paling banyak dilakukan adalah Vasektomi dan Tubektomi. BPJS bekerjasama dengan BKKBN untuk memberikan pelayanan kepada peserta BPJS yang ingin melakukan KB tersebut.

Vasektomi cara KB dengan memutus saluran sperma pada alat reproduksi seorang pria sedangkan untuk Tubektomi sendiri pemotongan saluran indung telur sehingga sel telur tidak bisa masuk kedalam rahim. Pada dasarnya kedua cara KB ini tidak disyariatkan dalam Islam.

Berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam Sidang Komisi Fatwa MUI tanggal 13 Juli 1977 dan tahun 2009 memutuskan bahwa vasektomi dan tubektomi bagi seorang Muslim/Muslimah hukumnya haram untuk dilakukan. 

Jika pertanyaanya, apakah KB Tubektomi ditanggung BPJS Kesehatan? Jawabnya “YA”. Karena itu merupakan salah satu layanan yang diberikan kepada peserta untuk melakukan program keluarga berencana, pelayanan KB ini masuk kedalam pelayanan promotif preventif.

Adapun layanan KB yang ditanggung BPJS Kesehatan meliputi konseling, kontrasepsi dasar, vasektomi dan tubektomi. Menurut kami sebelum anda memutuskan untuk melakukan KB Vasektomi maka anda perlu berfikir matang – matang, kalau boleh saran lebih baik jangan, gunakan cara lain untuk melakukan KB.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Yeti isnarti prihatin

    Saya mau tanya mengenai prosedur steril melalui bpjs. Dan apakah biaya di tanggung atau tidak? Terima kasih.

Leave a Reply