Tidak ada Biaya Tambahan Saat berobat Kecuali hal Berikut ini

Tidak ada biaya tambahan

Banyak peserta bpjs kesehatan mengeluh atas pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit saat berobat. Keluhan yang sering dialami peserta bpjs yaitu lamannya proses pelayanan tindakan medis dan peserta dikenakan biaya tambahan dengan alasan beberapa tindakan atau obat tidak ditanggung bpjs kesehatan.

Seperti yang dialami salah satu peserta bpjs yang bernama Ansor yang tinggal di Bali. Ansor mengungkapkan keluhannya saat membawa anaknya berobat ke rumah sakit yang mengalami luka bakar pada bagian kepala yaitu ada biaya tambahan untuk membeli obat dan perban.

Seperti dilansir pada laman tribunnews.com, Ansor menceritakan bahwa “Waktu itu saya disuruh membeli obat seharga Rp 200 ribu, bahkan perban pun saya beli. Pihak Rumah Sakit mengatakan itu tidak ditanggung oleh BPJS. Saya bingung jadi yang ditanggung BPJS itu apa saja katanya gratis,” Rabu (19/10/2016).

Mungkin saja ada peserta bpjs lain yang mengalami hal sama, ada pihak rumah sakit yang mengatakan bahwa ada obat atau pelayanan medis yang tidak ditanggung bpjs kesehatan.

Perlu diketahui kepada seluruh peserta bpjs bahwa tidak ada pembayaran tambahan yang dikenakan pada peserta bpjs. Hal Ini diungkapkan oleh Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik Kepatutan (HKK) BPJS Kantor Cabang Wilayah Denpasar, Ni Putu Nina Nuryati.

BPJS Kesehatan telah memberikan pelayanan sesuai dengan ketentuan permenkes dan perpres no.111 tahun 2014 atas perubahan perpres tahun 2012 tentang jaminan kesehatan. Dalam peraturan tersebut tertulis bahwa peserta BPJS hanya melakukan pembayaran tambahan saat naik kelas kamar rawat inap.

Penambahan biaya hanya dilakukan pada tipe non medis yaitu akomodasi berupa ambulan dan ruang rawat inap.

Apabila peserta menginginkan naik kelas maka akan dikenakan biaya tambahan. Nina menegaskan bahwa tidak ada biaya tambahan untuk obat maupun pelayanan medis lainnya, dengan catatan selama peserta bpjs berobat sesuai dengan prosedur dan indikasi medis.

Apabila peserta BPJS mengalami atau menemukan pelayanan yang kurang nyaman dari pihak rumah sakit dan diminta untuk membayar atau mengeluarkan biaya, maka peserta dapat segera melaporkannya ke loket BPJS yang ada di setiap RS atau kantor cabang BPJS.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply