9 Manfaat Mendonorkan Darah untuk Kesehatan

PMI merupakan instansi yang berperan membantu pemerintah di bidang sosial, dimana kita tahu PMI merupakah singkatan dari Palang Merah Indonesia yang melayani masyarakat yang sedang membutuhkan darah untuk transfusi. Ketersediaan darah di PMI juga tidak terlepas dari keikutsertaan masyarakat yang bersedia donor darah .

Tanpa adanya kesadaran dari masyarakat maka kebutuhan darah yang ada di PMI menjadi berkurang, untuk itu kepada masyarakat yang sehat maka dapat mendonorkan darahnya ke PMI. Donor darah bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali, bahkan dalam ilmu medis ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan ketika kita mendonorkan darah.

9 Manfaat Mendonorkan Darah

Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan
Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

Syarat untuk menjadi pendonor yaitu memiliki tekanan darah normal, tidak mengidap penyakit, memiliki Hemoglobin maksimal 17 (jika hemoglobin anda diatas 17 atau tekanan darah terlalu tinggi atau tekanan darah nya rendah maka tidak bisa donor). Berikut ini merupakan kutipan mengenai manfaat yang dapat dirasakan oleh para Pendonor.

1. Mengurangi penyakit jantung

Ketika anda mendonorkan darah secara teratur (dalam 3 bulan sekali) maka jantung anda akan sehat, zat besi dalam darah akan meningkat dengan begitu akan mengurangi kemungkinan terserang penyakit jantung. Jantung anda akan diisi dengan produksi darah yang baru.

2. Membakar Kalori

Donor darah juga dapat membantu anda untuk membakar kalori didalam tubuh, coba bayangkan, ketika anda mendonorkan darah sebagai 450 Ml, maka anda akan kehilangan kalori sekilar 650 Kal. Ini akan membuat anda menjadi lebih sehat.

3. Menurunkan risiko kanker

Dengan mendonorkan darah juga dapat menurunkan risiko terjadinya kanker pada tubuh anda. Seperti kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan. Bagaimana, Tentu anda ingin terhindar dari kanker kan?

4. Meningkatkan produksi darah

Setelah anda mendonorkan darah, maka tubuh anda akan memproduksi sel-sel darah yang baru, maka tubuh anda akan lebih sehat, karena jantung akan bekerja menjadi lebih baik dengan darah yang baru.

5. Pikiran lebih stabil

Manfaat mendonorkan darah selanjutnya adalah membantu untuk menjaga pikiran anda menjadi lebih stabil. Karena dengan mendonorkan darah anda akan merasa lebih bahagia dan damai. Bahagia karena dapat membantu orang lain, dan damai untuk diri sendiri.

6. Bagian dari periksa kesehatan

Ketika anda datang ke PMI tidak langsung diambil darahnya, tapi anda harus diperiksa terlebih dahulu. Untuk mengetahui apakah anda layak menjadi pendonor atau tidak, karena kita belum tahu tekanan darah, hemogloblin, dan penyakit yang ada di dalam tubuh kita. Dengan donor maka kita akan mengetahui kesehatan tubuh kita.

7. Menjadi lansia yang sehat

Ternyata banyak orang tua yang telah memasuki usia lanjut mereka memiliki tubuh yang tetap sehat, hal ini disebabkan karena waktu masih muda mereka suka mendonorkan darah.

8Menurunkan kolesterol dalam tubuh

Manfaat kesehatan lain dari mendonorkan darah secara rutin adalah akan membantu Anda untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

9. Menurunkan Berat Badan / Obesitas

Jika anda memiliki gangguan kesehatan dengan berat badan yang terlalu berat (tidak ideal) maka dengan mendonorkan darah akan membantu menurunkan berat badan.  Karena jika anda mendonorkan darah secara otomatis kalori anda akan terbakar, setiap mendonorkan 1 liter darah akan membakar sekitar 650 kalori.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.