Iuran atau Tarif BPJS Kesehatan Terbaru 2017

Iuran BPJS Kesehatan Terbaru

BPJS Kesehatan telah melayani masyarakat sejak 1 Januari 2014 yang sebelumnya adalah program ASKES. Semua Warga Negara diwajibkan untuk mendaftarkan diri dan anggota keluarganya menjadi peserta BPJS baik itu melalui BPJS Mandiri atau PBI.

Pada 1 Januari 2019 nanti semua WNI harus sudah mendaftar semua tanpa terkecuali, apabila tidak mendaftar maka akan dikenakan sanksi yaitu tidak bisa menggunakan layanan publik seperti mengurus KTP, mengurus SIM, mengurus paspor, mengurus KK atau layanan pemerintah lainnya.

Peserta PBI adalah peserta yang mendapatkan bantuan iuran dari Pemerintah, itu artinya iurannya akan ditanggung pemerintah daerah melalui dinas sosial. Sedangkan untuk peserta BPJS Mandiri harus membayar iuran bpjs sendiri sesuai dengan kelas yang dipilih, ada kelas 1, kelas 2 dan kelas 3.

Lalu, berapa tarif iuran peserta yang berlaku? 

Baiklah, berulang kali kami menyampaikan informasi kepada seluruh pembaca mengenai program BPJS melalui situs ini. BPJS Kesehatan telah menetapkan harga atau biaya atau tarif iuran peserta berdasarkan kelas. Perlu anda ketahui bahwa iuran ini wajib dibayar oleh Peserta BPJS Mandiri setiap bulannya.

Sistem iuran yang dibuat adalah sistem gotong royong, iuran yang dibayarkan akan digunakan untuk membiayai peserta lain yang membutuhkan (sedang sakit), begitu sebaliknya ketika anda sakit, biaya berobat anda di rumah sakit akan ditanggung BPJS melalui iuran peserta lainnya.

Iuran Kelas 1 = Rp80.000

BPJS Kesehatan telah menetapkan biaya iuran untuk peserta kelas 1 sebesar Rp80.000 per orang per bulan, besar iuran peserta telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2016. Peserta kelas 1 akan mendapatkan fasilitas ruang rawat inap sesuai dengan kelas yang dipilih yaitu peserta akan mendapatkan kamar kelas 1 untuk dirawat dan biayanya akan ditanggung BPJS Kesehatan.

Iuran Kelas 2 = Rp51.000

Iuran peserta kelas 2 sebesar Rp51.000 per orang perbulan, yang juga telah menjadi ketetapan dalam peraturan yang berlaku. Peserta tidak boleh menunggak, apabila menunggak maka status kartu bpjs akan dihentikan sementara sampai peserta melunasi iuran yang tertunggak.

Fasilitas yang diberikan juga sesuai dengan hak nya, yaitu mendapatkan kamar rawat kelas 2. Peserta boleh mengajukan naik kelas ruang rawat inap ke kelas 1, namun peserta akan dikenakan biaya selisih dari yang menjadi tanggung BPJS Kesehatan.

Iuran Kelas 3 = Rp25.500

Iuran kelas 3 sebesar Rp25.500, ini kelas yang paling bawah dengan iuran terjangkau. Bagi anda yang merasa tidak mampu maka anda bisa pilih kelas 3 ini. Apabila masih tidak mampu juga maka kami sarankan untuk mengajukan bantuan untuk mendaftar menjadi peserta PBI.

Demikian informasi mengenai iuran peserta BPJS berdasarkan kelas, perlu diketahui bahwa perbedaan tiap-tiap kelas hanya pada kamar nya saja sedangkan untuk Obat-Obatan yang diberikan kepada pasien tetap sama, jadi tidak ada perbedaan dari layanan selain kamar rawat inap.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Comments are closed.