Pengertian Rawat Inap di Rumah Sakit

Pengertian Rawat Inap di Rumah Sakit

Rawat Inap atau disebut juga dengan Opname adalah sebuah istilah dimana pasien sebuah rumah sakit harus menjalani proses perawatan yang ditangani oleh dokter sesuai dengan penyakit yang diderita. Pasien yang menjalani rawat inap diruangan tertentu dan biasanya akan diinfus pada tangannya.

Ruang perawatan untuk menjalani rawat inap memiliki fasilitas yang berbeda – beda, bahkan ruangannya ada juga yang hampir menyerupai kamar hotel atau kamar perawatan VIP yang didalamnya mendapatkan fasilitas AC , Televisi dan hanya 1 pasien dalam ruangan tersebut.

Biaya untuk masing – masing kamar disesuaikan dengan fasilitas yang diberikan. Semakin lengkap fasilitas yang disediakan dalam kamar perawatan atau ruang rawat inap maka biaya yang harus dibayar semakin tinggi. Jumlah pasien dalam suatu kamar rawat inap juga disesuaikan dengan tingkatan kelas ruang rawat inap tersebut.

Semakin lama pasien di rawat maka biaya yang dikeluarkan juga semakin banyak. Bagi peserta bpjs kesehatan akan masuk pada ruang rawat inap berdasarkan kelas yang dipilih. BPJS Kesehatan akan menanggung biaya rawat inap di rumah sakit tersebut.

Baca Juga : Berobat ke Rumah sakit dengan BPJS

Tindakan yang akan dilakukan kepada pasien saat menjalani rawat inap merupakan kewajiban dari rumah sakit, para tenaga medis akan memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien agar lekas sembuh dan diperbolehkan pulang, adapun tindakan yang diberikan meliputi : Observasi, Diagnosa, Terapi, Rehabilitasi medik dan berbagai jenis pelayanan medis lainnya yang mungkin dibutuhkan untuk menunjang proses pengobatan dan keperawatan pasien.

Tujuan Rawat Inap

  • Untuk memudahkan pasien mendapatkan pelayanan kesehatan yang komprehensif
  • Untuk memudahkan menegakkan diagnosis pasien dan perencanaan terapi yang tepat
  • Untuk memudahkan pengobatan dan terapi yang akan dan harus didapatkan ps
  • Untuk mempercepat tindakan kesehatan.
  • memudahkan ps untuk mendapatkan berbagai jenis pemeriksaan penunjang yang diperlukan
  • Untuk mempercepat penyembuhan penyakit pasien
  • Untuk memenuhi kebutuhan pasien sehari-hari yang berhubungan dgn penyembuhan penyakit, termasuk pemenuhan gizi dll.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Mau tanya.isteri saya melahirkan dengan cesar.iuranya telambat dan di bayarkan.tp waktu melahirkan belum 45 hari.yang pasti kena denda 2.5%. Nah yang saya mau tau kapan denda itu dibayarkan.apakah ketika akan keluar dari dari rumah sakit.atau di muka.? Mohon bantuan penjelasanya karna obat tidak bisa dikasih.karna harus ada bukti pembayaran dan sebagainya.karna kan total biaya yang dikeluarkan bpjs belum keluar.kalau bayar dimuka pun tidak ketahuan berapa yang harus di bayar

    • Ass.. saya sedang mengalami hal yg sama dgn bapak.. lalu bagaimana pak apakah sudah ada jawaban nya.. mohon bagi pengalaman nya

Leave a Reply