Tanya Jawab Mengenai Waktu Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Waktu Pembayaran BPJS

Setiap peserta BPJS memiliki kewajiban untuk membayar iuran BPJS setiap bulan, besarnya iuran yang harus dibayar tergantung dari kelas yang dipilih saat mendaftar dan jumlah orang dalam keluarga yang telah terdaftar di BPJS.

Jika telat membayar iuran bpjs maka status nya akan dinonaktifkan dan kartu BPJS tidak bisa dipakai.

Ada pertanyaan masuk kepada kami, yang menanyakan seputar waktu pembayaran iuran BPJS. Mungkin anda juga bertanya hal yang sama, jika ya! maka silahkan di simak tanya-jawab berikut ini.

Tanya : Bayar tagihan iuran bulanan bpjs itu dari tanggal berapa dan telatnya sampai tanggal berapa?

Jawab : iuran bpjs dari awal bulan sesuai peraturan s/d tgl 10 setiap bulanya, jika terkendala iuran bisa di bayar sampai akhir bulan, jangan sampai lewat bln berikutnya..

Tanya : Jika terkendala dan kemudian lewat dari tanggal 10, apakah ada denda??

Jawab : Tidak ada denda keterlambatan (jadi bayar sesuai dengan iuran yang belum dibayar). jika sampai menunggak dan dibulan berikutnya sudah lewat tanggal 10 belum dibayarkan maka kartu di nonaktifkan.

Tanya : Kalau untuk Mengaktifkan kartunya lagi bagaimana?

Jawab : Setelah dibayar tunggakan iurannya maka kartu akan aktif kembali dalam waktu 1×24 jam.

Tanya : Apakah setelah aktif bisa langsung digunakan?

Jawab : Setelah aktif kartu bpjs bisa digunakan untuk berobat, tapi perlu anda ketahui apabila belum melawati 45 hari digunakan untuk layanan rawat inap maka anda akan dikenakan denda pelayanan kesehatan sebesar 2.5%*Tarif Ina CBG’s*Jumlah bulan tertunggak. Terima kasih.

Baca Disini : Aturan Denda Rawat Inap

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


3 COMMENTS

  1. siang min, kiranya pertanyaan saya sama dengan yang pak Moch Juwari tanyakan….bahkan saya sudah 2 bln bayar dari pertama daftar baru….tapi sampai sekarang e-ID blm juga kebuka..???
    apakah sekarang untuk cetak kartu BPJS sudah tidak bisa di lakukan Online lagi ??
    terimakasih

  2. Nama saya P Moch Juwari Surabaya ,saya membuka jasa pendaftaran bpjs online di rumah selama ini lancar2 saja bahkan pelanggan kami lumayan, namun akhir2 ini mulai Januari 2017 saya melakukan pendaftaran online seperti biasanya ada 3 consumen yang sudah kami inputkan ke tiga2 nya sukses dan saya mendapatkan balasan kiriman email dari bpjs berupa Activasi Pendaftaran setelah mendapatkan selang beberapa hari saya buka email tsbt & saya download kmudian saya buka dgn PDF dan mendapatkan Cetak VA saya bayar sesuai dengan jatuh tempo tanggal VA yang mana tertulis Pembayaran dapat dilakukan pada tanggal 21/02/2017
    09/03/2017 , setelah saya bayar melalui Bank Mandiri saya kembali membuka email lagi dan saya lihat awalnya sudah tampil Cetak e-iDE berupa file PDF tapi tidak bisa saya download saya klik berulang2 ttap sama tidak bisa ,begitu juga yang 2 orang pelanggan dengan daftar di bulan januari juga demikian tidak bisa di download .. pertanyaan saya ada ap ini kok bpjs online seperti ini ,kalau demikian rumitnya lalu kenapa ada aplikasi program online .karena sampai sekarang belum saya urus ke kantor bpjs wilayah setempat ,melalui ini mohon kiranya ada pembenahan pada system bpjs sebab sangat diperlukan sekali aplikasi program bpjs online tersebut guna membantu orang yang sibuk dengan jam kerja. trimakasih

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.