Sistem Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan dilakukan secara Kolektif (1 Keluarga)

sistem-pembayaran-iuran-bpjs-terbaru

Sistem pembayaran iuran bpjs kesehatan telah diperbaharui sejak bulan september 2016 lalu, yaitu menggunakan sistem VA Keluarga. Dimana pembayaran iuran dilakukan peserta secara kolektif untuk 1 keluarga yang ada dalam 1 KK.

Masih banyak peserta BPJS yang belum mengetahui tentang perubahan ini, sehingga membuat para peserta kaget mengapa kok tiba-tiba tagihan yang harus dibayar jumlahnya besar dari sebelumnya saat melakukan pengecekan menggunakan nomor Virtual Account mereka. Jumlah tagihan sama ketika dicek menggunakan VA keluarga yang lain.

Ya benar sekali, ketika peserta cek menggunakan VA milik sendiri atau VA milik keluarga yang lain jumlah tagihannya tetap sama. Karena total tagihan yang muncul merupakan total iuran 1 keluarga yang harus dibayar.

Misalkan anda terdaftar di Kelas 1 untuk 4 orang (dalam 1 KK) maka total iuran yang harus dibayar yaitu sebesar Rp80ribu dikali 4 = Rp320.000 , jadi setiap bulan harus bayar segitu, tidak bisa dicicil bapak dulu, Ibu dulu atau anak dulu. (Harus dibayar semua, tidak bisa satu per satu lagi).

Sistem Pembayaran seperti ini yaitu menggunakan VA Keluarga dimaksudkan agar peserta semakin mudah dalam melakukan pembayaran iuran, tidak perlu repot bayar berkali-kali untuk setiap VA dan menghemat biaya administrasi transaksi ketika anda membayar iuran di kantor pos atau indomaret. Cukup bayar sekali, maka seluruh tagihan iuran keluarga sudah lunas.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Comments are closed.