Syarat Pindah Status BPJS dari PPU ke Mandiri

pindah-dari-ppu-ke-mandiri

Tak sedikit para pekerja yang berhenti bekerja dari perusahaan yang mereka tempati, namun dari sekian pekerja paling banyak karena mereka mengundurkan diri (resign), apabila resign dari perusahaan maka secara otomatis pembayaran iuran bpjs yang ditanggung perusahaannya akan berhenti.

Apabila iuran tidak di bayar maka pekerja yang telah memiliki kartu bpjs dari perusahaannya tersebut tidak bisa digunakan lagi. Maka peserta yang bersangkutan perlu melakukan pindah status dari peserta perusahaan (ppu) menjadi peserta mandiri.

Untuk mengurus pindah status dari ppu ke mandiri karena resign atau dipecat dari perusahaan maka anda perlu datang ke kantor bpjs cabang terdekat didaerah anda dengan membawa berkas persyaratan yang dibutuhkan. Dengan begitu petugas bpjs akan memproses pindah status bpjs anda.

Syarat dokumen yang harus dibawa seperti fotocopy KTP, Surat Keterangan tidak bekerja lagi diperusahaan tersebut. Selanjutnya anda harus melunasi tunggakan iuran yang belum dibayar, karena semenjak anda resign maka iuran bpjs tidak lagi dibayar oleh perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya.

Setelah anda melunasi semua tunggakan iuran yang belum dibayar maka status kartu bpjs anda akan aktif kembali dan menjadi peserta mandiri yang memiliki kewajiban harus membayar iuran setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih. Untuk kelas 1 yaitu Rp80 ribu, kelas 2 yaitu Rp51 ribu dan kelas 3 yaitu Rp25500.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply