Ketika Pindah Kerja Bagaimana Status Keanggotaan BPJS Kesehatan

Banyak hal yang belum diketahui oleh Para Peserta BPJS Kesehatan salah satu yang banyak ditanyakan yaitu mengenai status keanggotaan bagi peserta yang terdaftar sebagai PPU (Pekerja Penerima Upah) yaitu didaftarkan oleh Perusahan tempat mereka bekerja. Mungkin anda termasuk salah satu nya.

Masalah yang timbul ketika peserta sudah tidak lagi bekerja di perusahaan yang dimaksudkan baik itu dipecat, pensiun, atau pindah kerja ke perusahaan lain. Khusus buat para peserta bpjs yang terdaftar sebagai PPU dari sebuah perusahaan tertentu dan kemudian pindah kerja maka ada beberapa hal yang harus anda ketahui.

Bagaimana dengan status keanggotaan bpjs anda dan beberapa keluarga yang didaftar melalui perusahaan sebelumnya? Jika anda merupakan salah satu peserta bpjs yang pindah bekerja ke perusahaan lain anda bisa merubah keanggotaan anda menjadi peserta mandiri atau pindah tanggungan ke perusahaan yang baru.

Apabila saat ini anda telah bekerja di perusahaan baru dan akan didaftarkan kembali ke BPJS Kesehatan, kami sarankan untuk menunggu pendaftaran dari perusahaan baru. Karena sesuai Peraturan Presiden Nomor 111 Tahun 2013 menjelaskan bahwa semua Badan Usaha wajib mendaftarkan pekerjanya.

Sedangkan jika perusahaan yang baru belum mendaftarkan, anda dapat melanjutkan pendaftaran sebagai Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) / Mandiri dengan cara membawa :

1. Asli KTP elektronik
2. Asli KK
3. Foto masing – masing 1 ukuran 3×4 semua anggota keluarga
4. Buku rekening Bank BNI / BRI / Mandiri
5. Surat keterangan resign dari perusahaan sebelumnya / surat rekomendasi kerja
6. Kartu BPJS Kesehatan dari perusahaan lama

Pendaftaran Peserta Mandiri dilakukan oleh salah satu anggota keluarga yang terdaftar pada KK dan wajib mendaftarkan seluruh anggota keluarga pada KK dengan memilih hak kelas sama.

 

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply