Saya Mau Daftarin Janin dalam Kandungan, Syaratnya Apa Aja?

Bayi dalam Kandungan

Richa Jayantri Chaniago : Mau tanya nih, kalau kita mau daftarin janin dalam kandungan itu syarat nya apa saja ya, Daftarin bayi kembar dengan yg tidak kembar apa ya beda nya? Atau cukup satu yang di daftarin.

Jawab :

Bayi yang masih dalam kandungan boleh didaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan. Hal ini dilakukan untuk menjamin kesehatan bayi tersebut ketika dilahirkan membutuhkan penanganan medis sehingga orangtua tidak perlu memikirkan biaya yang mahal untuk pengobatannya.

Agar bisa mendaftarkan bayi yang masih dalam kandungan, maka orangtua bayi juga harus sudah menjadi peserta bpjs kesehatan. Jika belum, maka sebaiknya orangtua mendaftar terlebih dahulu kemudian dilanjut mendaftarkan bayinya.

Baca Disini : Syarat Daftar Peserta BPJS Mandiri

Peserta dapat mendaftarkan bayi dalam kandungan sejak adanya denyut jantung janin yang mulai terdeteksi sejak kehamilan usia 10-12 minggu dan paling lambat didaftarkan 14 hari sebelum HPL (hari perkiraan lahir).

Silahkan ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan bawa kartu JKN-KIS orang tua, KTP, KK, buku tabungan BNI, BRI, BCA, Mandiri (jika iuran Kelas 1 atau 2) dan surat keterangan dari dokter atau bidan yang berisi ada denyut jantung bayi, usia bayi dalam kandungan dan HPL.

Jika bayi anda kembar maka anda bisa mendaftarkan kedua-dua nya, kalau hanya salah satu yang didaftarkan maka hanya yang menjadi peserta BPJS yang akan ditanggung. Dan juga perlu dibuktikan dengan surat keterangan hasil USG dari dokter tempat anda kontrol kehamilan yang menyatakan bahwa bayi anda benar kembar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk anda, semoga informasi ini bermanfaat, serta kami mendoakan semoga proses persalinan anda berjalan dengan lancar dan normal tanpa kendala suatu apapun, tetap jaga kesehatan selama masa kehamilan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Comments are closed.