Prosedur Perubahan Kelas Iuran Harus Terdaftar Selama 1 Tahun

Pindah Kelas BPJS harus Aktif 1 Tahun

Setiap WNI memiliki kewajiban untuk mendaftar BPJS Kesehatan, sehingga harus mendaftarkan seluruh anggota keluarga yang ada di dalam Kartu Keluarga, tidak boleh salah satu saja. Pendaftaran BPJS Kesehatan dapat dilakukan secara Online melalui website resmi bpjs atau datang langsung ke kantor BPJS dengan membawa persyaratan lengkap.

Saat mendaftar calon peserta akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dan memilih faskes yang ingin digunakan serta kelas iuran yang diinginkan. Terdapat 3 jenis kelas dengan besar iuran yang berbeda, untuk kelas 1 iurannya Rp80.000, kelas 2 iurannya Rp51.000 dan untuk kelas 3 iurannya Rp25.500

Iuran dibayar setiap bulan sebelum lewat tanggal 10 setiap bulannya, apabila peserta tidak membayar iuran maka status akan dinonaktifkan sementara sampai peserta yang bersangkutan melunasi tunggakannya.

Sebelum memilih kelas iuran pastikan anda mampu untuk membayar iuran selama 1 tahun kedepan, dikhawatirkan anda tidak mampu untuk membayar iuran dan ingin pindah kelas, namun anda tidak bisa pindah kelas sebelum aktif selama 1 tahun. Maka dari itu, apabila memang anda tidak mampu untuk membayar iuran di kelas 1 dan 2 maka pilih saja kelas 3.

Apabila anda tidak sanggup bayar iuran kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 maka kami sarankan untuk mendaftar BPJS Kesehatan melalui KIS atau kelas PBI, dimana kelas ini iurannya akan dibayarkan pemerintah daerah. Peserta PBI secara otomatis berada di kelas 3 dan tidak bisa pindah kelas.

Baca Juga : Cara Pindah Kelas

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar