Cara Pindah Kelas BPJS

Pada saat hendak mendaftar BPJS Kesehatan kita diminta untuk memilih kelas premi denbgan biaya iuran yang berbeda. Yaitu untuk kelas 1 premi nya Rp59.000, kelas 2 Rp42.500 dan kelas 3 Rp25.500 . Tapi rencananya pada tahun 2016 iuran bpjs akan dinaikan, karena diindikasi BPJS Mengalami defisit keuangan.

Baca Disini : Iuran BPJS Naik, BPJS alami Defisit

Untuk masing – masing kelas memiliki fasilitas obat dan pelayanan yang sama, perbedaannya hanya terletak pada kelas rawat inap nya saja. Mungkin saat ini anda merasa ingin merubah data untuk pindah kelas bpjs. Baik itu pindah kelas dari kelas 1 ke kelas 2, atau dari kelas 3 ke kelas 1 atau sebagainya dengan alasan tertentu.

Pindah kelas dalam BPJS Kesehatan hanya dapat dilakukan dikantor BPJS Kesehatan, peserta yang bersangkutan wajib datang untuk mengajukan perubahan data, dengan membawa kartu kepesertaan dan kartu identitas pengenal (KTP). Kemudian petugas akan membantu anda untuk merubah kelas yang anda inginkan.

Akan tetapi perubahan kelas bpjs dapat dilakukan setelah 12 bulan aktif menjadi peserta bpjs sejak pertama daftar. Jadi bagi anda yang masih terdaftar selama 3 bulan dan ingin melakukan perubahan kelas maka mohon maaf, permintaan anda belum bisa di layani oleh BPJS.

Baca Juga : Kelas 3 tidak Bisa Pindah Kelas

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. riska dwi safitri

    apakah itu berlaku jg jika saya ingin merubah kelas namun tindakan saya bru hanya sampai ke aktivasi tapi belum membayar dan cetak kartu. mohon bantuannya

  2. Bagaimana jika ingin pindah status dari bpjs mandiri ke bpjs yang gratis? Karna keluarga saya tidak sanggup bayar iuran, alhasil banyak menunggak

  3. Pertayaanya ” Bagaimana prosesnya pindah kelas bpjs gratis dari pemerintah ke bpjs bayar dari perusahaan…? Trima kasih.

    • @nanang : utk pindah status dari PBI ke Mandiri, dapat menghubungi Dinsos terlebih dahulu.. Kemudian baru daftar ulang ke peserta Mandiri di Kantor BPJS Kesehatan… Trims

  4. Jadi berkas yg harus disiapkan hanya kartu keanggotaan dan ktp saja ? Tidak perlu KK kan ?
    Jika hanya beberapa anggota saja yg pindah kelas bagaimana? Apakah bisa ?

  5. Kalau gak ada perbedaan pelayanan dan obat2nya kenapa harus ada kls 1,2,3 toh klau udah d rawat ujungn -ujungnya masuk kelas 3 juga …..

  6. Bantu jawab yg tau, sy pgguna bpjs ksehatan kelas 1, kmrin waktu dftar biaya perbulannya gak mahal banget kyak skrg msih bisa sisih duit gaji, klo skrg bayar bpjs 1kk sya hampir 500rb perbulan. Bpjs sy jg belom prnah d pake berobat, jd mau pindah kelas 2 atau kls 3 sj. Tp masa aktif blm sampe 12bln bs atau tdk ? Mohon yg tau bantu jawab.

  7. Pertanyaan nya, kalau mau pindah dari kelas 3 ke kelas 2 bisa kan yaaa…trus harus smua keluarga atau boleh saya saja yg naik kelas,tapi suami dan anak2 tdk naik kelas??. terima kasih

Leave a Reply