Peserta BPJS Kesehatan Meninggal Tidak dapat Santunan

Setiap Warga Negara di Wajibkan untuk mendaftarkan diri menjadi Peserta BPJS Kesehatan, dimana kepesertaan BPJS berlaku untuk seumur hidup, tidak bisa dihentikan atau dibatalkan kecuali peserta yang terseut sudah meninggal dunia. Ketika Peserta telah meninggal dunia, maka keluarga nya supaya memberikan laporan ke kantor BPJS Kesehatan.

Jika tidak ada yang melapor maka BPJS Kesehatan tidak tahu, dan akan sistem akan terus memberikan tagihan atas akun almarhum/almarhumah. Pertanyaan yang datang dari para peserta BPJS, yaitu apakah peserta yang meninggal dunia mendapatkan santunan seperti Asuransi Swasta lainnya?? dimana dalam kurun waktu tertentu iuran yang sudah dibayarkan bisa diambil.

Baca Juga : Apakah Dana Iuran BPJS Kesehatan bisa diambil? 

Perlu diketahui, BPJS Kesehatan berbeda dengan Asuransi Swasta lainnya, dimana BPJS Kesehatan memiliki premi yang ringan jika dibandingkan dengan premi asuransi kesehatan swasta yang ada, dengan premi dibayar biasanya diatas Rp500.000. Dan BPJS Kesehatan menggunakan prinsip gotong royong, dimana yang sehat membantu yang sakit.

Jika pertanyaannya Apakah Peserta BPJS Kesehatan meninggal mendapatkan santunan, maka jawabnya BPJS Kesehatan tidak memberi santunan kepada peserta yang meninggal dunia, karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, iuran yang peserta tersebut bayarkan setiap bulan digunakan untuk mendanai peserta BPJS Kesehatan lainnya yang membutuhkan. BPJS Kesehatan hanya menyediakan layanan pemulasaran jenazah dan pengantaran jenazah antar fasilitas kesehatan (bukan ke rumah duka).

Apabila dalam perawatan peserta BPJS Kesehatan meninggal dunia, maka biaya perawatannya di fasilitas kesehatan dapat menjadi tanggungan BPJS Kesehatan. Jika seorang peserta BPJS Kesehatan masuk rumah sakit karena kecelakaan, maka biaya perawatannya akan ditanggung oleh Jasa Raharja selaku penanggung pertama dan BPJS Kesehatan selaku penanggung kedua.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply