9 Penyebab Sakit Gigi yang Sering di Alami

Hampir semua orang pernah merasakan sakit gigi, rasa sakit yang tidak ketulungan membuat seluruh badan rasanya ikut sakit. Karena memang ini sangat mengganggu sekali, sampai-sampai sakit yang dirasakan menjalar hingga ke kepala, rasanya seperti mau pecah.

Bagi yang merasakan sakit pada gigi tentu ingin segera cepat mengatasinya dengan mencari obat yang paling ampuh, biasanya sakit gigi akan timbul ketika suhu udara tidak stabil (dingin), sehingga sakit gigi bersifat kambuh-kambuhan.

Penyebab sakit gigi itu bermacam-macam, ada setidaknya 9 penyebab sakit gigi yang sering di alami. Untuk itu, disini kamu akan menjelaskan kepada anda beberapa penyebab yang mengakibatkan gigi anda terasa sakit.

Penyebab Sakit Gigi
Penyebab Sakit Gigi

1. Kerusakan Gigi

Ini penyebab utama yang sering terjadi, awal nya terjadi rongga kecil pada lapisan luar gigi (enamel) yang kemudian berubah menjadi lubang yang dalam sehingga menembus email hingga lapisan dalam gigi (dentin), ketika itu gigi menjadi lebih sensitif dan mudah terasa sakit.

Tak sampai disitu, ketika gigi berlubang dibiarkan akan berlanjut pada pembusukan gigi berlubang yang menyebabkan lapisan terdalam (pulpa) ikut rusak yang sehingga dapat mengakibatkan sakit gigi yang menyakitkan, nyeri yang tajam dan rasa nyut hingga sampai ke kepala bahkan dapat menyebabkan nanah pada akar gigi.

2. Penyakit Gusi

Ketika sakit gigi biasanya terjadi peradangan pada gusi, yang ditandai dengan bengkak, merah dan berdarah. Infeksi pada gusi ini menimbulkan sakit, dan bisa berlanjut pada sakit gigi.  Infeksi pada gusi dapat menyebabkan pembengkakak jaringan penyokong gigi yang diliputi oleh Gusi.

3. Benturan pada Gigi

Ketika gigi mengalami benturan maka gigi akan menjadi goyang bahkan patah, tentu hal ini dapat menimbulkan rasa sakit. Apalagi gigi yang patah pada mengenai pulpa gigi tentu ini akan berdampak pada sakit gigi yang berat.

4. Terjadi Erosi Pada Gigi

Gigi rusak bisa disebabkan karena terjadi nya erosi, ketika seseorang malas membersihkan gigi atau ketika menyikat gigi terjadi kesalahan yang membuat gusi menjadi erosi sehingga akar gigi menjadi terbuka.

Hal ini dapat menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif terhadap makanan asam, dingin. Erosi gigi juga bisa disebabkan karena terlalu sering mengkonsumsi makanan asam seperti cuka, dll. Hal ini dapat mengikis akar dan memperburuk sensitivitas gigi.

Baca Juga : Pembersihan Karang Gigi ditanggung BPJS

5. Bruxism

Bruxim adalah terjadinya gesekan antara gigi atas dan bawah, kondisi ini sering terjadi ketika seseorang menggemeretak, mengunyah, mengatup, dan menggeser-geserkan giginya dengan tidak sadar, biasanya terjadi pada saat tidur.

Ketika ini sering dilakukan maka dapat menyebabkan sakit gigi karena gesekan gigi menimbulkan tekanan berlebih pada jaringan pendukung gigi. Rasa sakit yang disebabkan karena bruxim tidak hanya pada gigi, tetapi juga bisa terjadi pada sendi rahang dan otot.

6. Tumbuh Gigi Bungsu

Sakit gigi juga bisa disebabkan karena tumbuhnya gigi bungsu (graham atau molar 3). Gigi bungsu tumbuh tidak secara penuh dan tidak ada ruang yang cukup untuk gigi bungsu tersebut tumbuh. Hal ini akan menyebabkan rasa nyeri akibat tekanan yang terjadi antara gigi yang berdekatan.

Adanya gigi bungsu yang tumbuh dapat menyebabkan makanan yang sering nyangkut dan sulit dibersihkan, ini juga akan memicu terjadinya kerusakan gigi dan infeksi pada gusi dan struktur gigi lainnya.

7. Gigi Tumbuh Miring

Gigi yang tumbuh tidak rata / miring – miring juga dapat menyebabkan sakit gigi. Hal ini terjadi karena adanya tekanan pada saat mengunyah yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada saraf gigi.

8. Perawatan Ortodontik

Perawatan ortodontik (atau memperbaiki keselarasan gigi menggunakan kawat gigi) sering dapat menyebabkan sakit untuk periode singkat saat kawat gigi baru disesuaikan atau diperketat. Untuk itu, ketika perawatan ortodontik tidak dilakukan dengan benar maka akan membuat gigi terasa sakit.

9. Terjadi Masalah di luar gigi

Masalah dari luar gigi juga bisa menjadi penyebab sakit gigi, jadi tidak hanya yang berhubungan dengan gigi atau rahang saja. Contohnya : terjadi infeksi sinus atau sinusitis, tekanan dari sinus dapat menyebabkan sakit gigi bagian atas karena letak sinus yang dekat dengan gigi.

Dalam kasus yang jarang terjadi, sakit gigi atau nyeri rahang bisa merupakan tanda serangan jantung. Sakit gigi juga dapat disebabkan oleh neuralgia trigeminal yang ditandai dengan episode sakit yang intermiten serta nyeri pada sisi wajah.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.