Pap Smear ditanggung BPJS, Ini Prosedurnya !

Pap Smear merupakan sebuah tes yang dilakukan medis untuk mendeteksi kanker serviks dengan memeriksa kesehatan sel-sel pada leher rahim (serviks) dan vagina. Sel-sel akan dikumpulkan dan akan dilakukan pengujian dilaboratorium untuk pemeriksaan mikroskopis.

Pap smear sangat dianjurkan dilakukan oleh wanita sebagai bentuk pencegahan terjadinya kanker serviks, bagi anda yang sudah menjadi peserta BPJS maka anda bisa menjalani pap smear di faskes yang telah bekerjasama dengan BPJS dan akan ditanggung BPJS.

pap smear ditanggung bpjs
pap smear ditanggung bpjs

Perlu diketahui bahwa tindakan pencegahan ini sangat penting dilakukan sejak dini agar anda (seorang perempuan) dapat terhindar dari penyakit kanker serviks, karena kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker berbahaya nomor dua yang menyerang wanita.

Baca Juga : Penyebab Kanker Serviks

Menurut para ahli, wanita berusia 21 tahun ke atas sebaiknya melakukan pap smear secara rutin terutama bagi yang sudah pernah melakukan hubungan suami-istri, maka harus melakukan tes ini.

Sayangnya, banyak wanita di Indonesia yang tidak rutin memeriksakan diri untuk melakukan pap smear. Karena sekarang anda sudah tahu bahwa pap smear itu penting untuk memeriksa kesehatan leher rahim anda dan apalagi ini sudah menjadi program BPJS untuk mendeteksi adanya kanker serviks sedini mungkin terhadap kaum wanita.

Jika anda peserta BPJS maka anda bisa melakukan pemeriksaan pap smear dengan kartu BPJS, ikuti prosedur yang berlaku. Pastikan kartu BPJS anda dalam status aktif yaitu tidak memiliki tunggakan iuran. Adapun prosedur nya yaitu anda dapat datang ke faskes pertama atau langsung ke kantor cabang bpjs dari pihak kc menunjuk faskes yg kerjasama dan bisa pemeriksaan lab.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.