Cara Pindah BPJS Mandiri ke PBI

pindah-dari-mandiri-ke-pbi

Menjadi peserta bpjs merupakan kewajiban bagi semua penduduk Indonesia tanpa terkecuali, jika tidak mendaftar maka akan dikenakan sanksi administrasi negera yaitu tidak bisa mengurus KTP, STNK, Kartu Keluarga, Paspor dll. 

Daftar bpjs bisa dilakukan di kantor bpjs atau secara online melalui situs resmi bpjs-kesehatan.go.id , proses pendaftaran membutuhkan waktu sampai dengan 14 hari hingga status kepesertaan aktif, jadi daftar bpjs kesehatan jangan tunggu sakit karena membuatnya tidak bisa mendadak.

Pendaftaran peserta bpjs bisa melalui beberapa jalur kepesertaan, bisa daftar melalui perusahaan maka disebutnya PPU, bisa daftar langsung ke kantor bpjs maka disebutnya Mandiri atau PBPU, dan melalui dinas sosial untuk mendapatkan bantuan disebutnya PBI.

Status kepesertaan tersebut dapat dirubah sesuai dengan kondisi masyarakat. Jika awalnya bekerja dan sudah tidak bekerja lagi maka bisa melakukan proses pindah dari ppu ke mandiri, atau yang tadinya daftar bpjs melalui jalur mandiri dan ternyata ekonomi tidak mendukung maka bisa pindah dari mandiri ke pbi.

Apabila anda sudah terlanjur menjadi peserta mandiri dan ingin berubah menjadi peserta pbi maka harus mengikuti beberapa proses tahapan. 

Pertama, anda harus melengkapi semua persyaratan untuk menjadi peserta bpjs pbi persyaratan tersebut adalah kartu keluarga, ktp, kartu bpjs yang ada, foto 3×4, surat keterangan tidak mampu dari kelurahan, surat rekomendasi dari puskesmas.

Kedua, sebelum datang ke kantor bpjs kesehatan silahkan anda datang ke dinsos untuk minta surat keterangan ingin menjadi peserta bpjs pbi, selanjutnya baru datang ke kantor bpjs untuk pindah status, minta bantuan kepada petugas bpjs yang sedang bekerja untuk mengurusnya. Perlu diketahui bahwa peserta PBI berada di kelas 3 dan tidak bisa pindah kelas perawatan saat rawat inap.

Baca Juga : Pindah dari PBI ke Mandiri

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply