5 Kesalahan Paling Umum Saat Menyikat Gigi

Salah satu hal paling penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut yaitu dengan cara rutin menggosok gigi. Namun, kebanyakan masyarakat belum mengerti dan memahami bagaimana cara menyikat gigi dengan benar, mungkin termasuk anda.

Kita semua harus menyadari bahwa menggosok gigi secara rutin setiap hari (sehabis makan dan sebelum tidur atau setiap kali mandi) itu sangat penting, begitu juga pentingnya mengetahui cara menyikat gigi yang baik dan benar.

kesalahan menyikat gigi
kesalahan menyikat gigi

Disinyalir masih banyak masyarakat yang menyikat gigi asal saja, padahal menyikat gigi itu ada caranya. Berikut ini, merupakan beberapa kesalahan yang paling umum dilakukan saat menyikat gigi.

1. Kepala Sikat Terlalu Besar

Kesalahan pertama yang paling umum yaitu salah memilih sikat. Kepala sikat yang besar memang lebih mudah, tapi tahu tidak? justru membuat gigi geraham anda sulit untuk dibersihkan, apalagi gigi yang paling dalam (belakang), untuk itu pilihlah sikat gigi dengan kepala kecil sehingga mudah menjangkau gigi geraham.

Sikat gigi yang memiliki kepala kecil biasanya sikat gigi elektrik tapi harga nya cukup mahal bila dibandingkan dengan sikat gigi biasa. Tapi, anda juga bisa menggunakan sikat gigi khusus anak-anak.

2. Bulu Sikat Kasar

Kesalahan dalam memilih sikat lainnya yaitu memilih sikat dengan buku yang kasar (hard). Bermaksud untuk mudah membersihkan gigi tapi justru dapat berakibat buruk pada gusi anda.

Kalau bulu sikat terlalu kasar dikhawatirkan ketika kena gusi, gusi bisa gampang berdarah dan menimbulkan luka. Sebaiknya memilih bulu sikat yang lembih (soft), karena menyikat gigi tak hanya bagian mahkota gigi saja, tapi bagian gusu hingga kebelakang perlu dibersihkan.

Baca Juga : Penyebab Sakit Gigi

3. Salah Gerakan dalam Menyikat Gigi

Siapa yang masih suka asal menyikat gigi? Mulai sekarang anda harus menyikat gigi dengan benar, gerakan yang benar yaitu dari bagian gusi hingga keujung, bagian belakang gigi hingga sela sela gigi.

“Kalau gigi atas arahkan 45 derajat lalu sikat ke bawah mulai dari gusi. Gigi bawah juga sama tapi arahkan ke atas, mulai dari gusi juga. Gerakan dengan santai saja jangan terburu-buru”

4. Terlalu Sering menggunakan Mouthwash

Setelah menyikat gigi, umumnya seseorang langsung berkumur dengan  mouthwash untuk membuat mulut menjadi segar dan nyaman. Namun perlu diingat, gunakan mouthwash seperlunya saja dan cermati kandungan pada mouthwash yang anda beli.

“Karena sebagian besar produk mouthwash itu mengandung alkohol, ya memang enak untuk mulut jadi segar dan fresh. Tapi alkohol itu efeknya bagi gusi kurang bagus karena membuat gusi kering dan mudah luka” .

5. Salah Memilih Pasta Gigi

Setiap pasta gigi memiliki manfaat masing-masing dan tentunya diperuntukan untuk menghadapi beragam tipe gigi dan masalah yang dialami seseorang. Pasta gigi untuk anak-anak, tentu kurang cocok untuk orang dewasa, begitu juga sebaliknya. Pastikan anda memilih pasta gigi yang sesuai dengan kesehatan gigi dan mulut anda.

Baca Juga : Pembersihan Karang Gigi ditanggung BPJS Kesehatan

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


1 COMMENT

  1. Saya abdul majid, alamat jl wagir baru gg 3 no 3 kwangsan sedati – sidoarjo jawa timur, menyampaikan keluhan,
    saya ikut di bpjs, dan periksa di poliklinik Tariza betro, pelayanan tidak efektif dan tidak memuaskan

    pelayanan dokter gigi, pendaftaran periksa jam 7 sd jam 9 pagi,
    pereiksanya jam 9 sapai jam 12, siang
    ini sangan tidak efektif, pasien disuruh riwa riwa, untuk daftar dulu dan periksa kemudian di jam yang lain,
    mohon untuk segera ditindak lanjuti terhadap Poliklinik Tariza, yang tidak efektif

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.