Kartu BPJS Saya Hilang, Bagaimana Cara Mengurusnya?

Mengurus Kartu BPJS yang Hilang

“Saya telah memiliki kartu BPJS akan tetapi ketika saya ingin berobat menggunakan kartu BPJS ternyata kartu BPJS saya hilang, terjatuh bersamaan dengan dompet. Jika demikian, apa solusinya dan bagaimana cara mengurus kartu BPJS yang hilang tersebut?

Begitulah, ungkap salah seorang peserta BPJS melalui email yang dikirimkan kepada kami. Apabila kartu BPJS anda hilang maka anda tetap bisa berobat dengan bpjs dengan memberikan fotocopy kartu Bpjs yang ada,  KTP dan Kartu Keluarga. Selanjutnya urus kartu bpjs dikemudian hari.

Untuk mengurus kartu BPJS yang hilang sangat mudah, anda bisa pergi ke kantor BPJS terdekat atau ke kantor bpjs saat anda mendaftar pertama kali. Sampaikan keperluan anda kepada petugas bahwa anda ingin mencetak ulang kartu BPJS karena kartu yang lama telah hilang.

Sebelumnya anda harus meminta surat keterangan hilang dari kepolisan (polsek), kemudian bawa surat kehilangan tersebut saat pergi ke kantor bpjs. Jangan lupa juga untuk membawa KTP, Kartu Keluarga sebagai persyaratan untuk membuat kartu bpjs yang baru.

Siapkan juga materai 6000 dan serahkan persyaratan tersebut kepada petugas untuk diverifikasi, anda juga akan diminta untuk mengisi formulir permohonan kartu baru yang telah disediakan.

Jika persyaratan yang anda bawa telah lengkap dan sesuai dengan data peserta (anda sendiri) maka proses pengurusan kartu bpjs akan diproses dan membutuhkan waktu kurang lebih 1 hari. Tergantung anterian yang terjadi di kantor bpjs setempat.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.