Inilah Jenis Kepesertaan BPJS Kesehatan yang Perlu diketahui

jenis kepesertaan bpjs kesehatan

Badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) merupakan asuransi milik pemerintah dan wajib diikuti oleh seluruh masyarakat yang menetap atau tinggal di Indonesia.

Mungkin BPJS terdengar tidak asing ditelinga masyarakat, walaupun kebanyakan tidak paham secara detailnya seperti tidak mengetahui jenis kepesertaan BPJS Kesehatan.

BPJS memiliki 2 kategori BPJS yaitu BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan sendiri berfokus dalam memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh warga negara Indonesia dan juga Warga Negara Asing yang sudah tinggal minimal 6 bulan.

Berikut jenis kepesertaan BPJS Kesehatan yang wajib kita ketahui:

  1. BPJS-BPI (Penerima Bantuan Iuran)

Jika peserta BPJS pada umumnya diwajibkan membayar iuran, jenis kepesertaan BPJS Kesehatan ini peserta tidak dibebani biaya bulanan dan semua biaya ditanggung pemerintah.

Program ini hanya berlaku untuk warga miskin dan tidak mampu, yang dibuktikan berdasarkan data yang tercatat di dinas sosial. Peserta BPJS-BPI hanya berhak memperoleh BPJS kelas 3.

Peserta BPJS-BPI hanya bisa berobat puskesmas kelurahan atau desa. Mungkin ada beberapa masyarakat tidak asing dengan kartu jamkesda dan jamkesmas, kedua kartu program tersebut sekarang dialihkan menjadi BPJS-BPI ini.

  1. BPJS-Non-PBI (Bukan Penerima Bantuan Iuran)

Jika sebelumnya di BPJS-BPI biaya bulanan ditanggung pemerintah. Jenis kepesertaan BPJS Kesehatan ini kewajiban membayar biaya bulanan sendiri atau dibebankan oleh peserta yang bersangkutan. Semua itu dikarenakan peserta dianggap mampu dan tidak masuk dalam kategori warga miskin ataupun tidak mampu. BPJS-Non PBI terbagi menjadi tiga, yaitu:

  • Pekerja Penerima Upah (PPU) Dan Anggota Keluarganya

Jenis kepesertaan BPJS Kesehatan yaitu BPJS-Non-PPU didaftarkan oleh perusahaan dimana mereka bekerja, sehingga iuran bulanan akan ditanggung sebagian oleh perusahaan dan sebagian lagi ditanggung oleh peserta. Contohnya adalah anggota TNI, POLRI dan pegawai Negeri Sipil.

Semua masyarakat yang bekerja di sebuah perusahaan baik milik pemerintah ataupun swasta, peserta berhak atas kelas 1, 2 dan 3 tergantung kelas yang dipilih, jelas berbeda dengan peserta BPJS-PBI yang semua biaya ditanggung perusahaan. Keluarga yang dapat diikutsertakan maksimal sebanyak 5 orang saja.

  • Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan anggota keluarganya

Yang masuk dalam kategori PBPU adalah pekerja diluar hubungan kerja atau pekerja mandiri. Pihak WNA yang bekerja sedikitnya selama 6 bulan di Indonesia masuk juga dalam kategori. Biaya Bulanan jenis kepesertaan BPJS Kesehatan ini harus ditanggung sendiri oleh peserta tanpa bantuan perusahaan dan peserta berhak mengikutsertakan anggota keluarganya yang diinginkan tanpa batasan.

  • Bukan Pekerja (BP)

Yang masuk dalam kategori Bukan Pekerja adalah investor, pensiunan, janda/duda beserta anak yatim penerima pensiunan, veteran perang, pekerja WNA yang bekerja minimal 6 bulan. Sedangkan jaminan kesehatan warga negara Indonesia di luar negeri sesuai UU dan yang terakhir bukan pekerja tetapi mampu membayar iuran.

Setiap kategori Bukan Pekerja yang mampu membayar iuran bulanan wajib daftar menjadi peserta BPJS Mandiri dan biaya bulanan dibebankan pada peserta itu sendiri sesuai kelas yang diambil. Sama halnya dengan PBPU, jenis kepesertaan BPJS Kesehatan ini peserta juga dapat mengikutsertakan anggota keluarga yang diinginkan.

Peserta BPJS Non PBI yang memilih kelas 1 dan 2 ketika keadaan kamar perawatan penuh, bisa naik kelas perawatannya tetapi saat mendaftar peserta harus memiliki rekening Bank.

Untuk BPJS Mandiri atau perorangan

Semua anggota kelurga yang tercantum dalam 1 KK harus didaftarkan menjadi peserta BPJS mandiri tanpa terkecuali, dan iuran bulanan harus dibayarkan untuk masing-masing peserta, besar kecilnya iuran peserta sesuai dengan kelas yang dipilih (sehingga semua anggota keluarga didalam kelas yang sama).

Itulah jenis kepesertaan BPJS kesehatan, jadi kamu masuk dalam kategori yang mana?  tidak ada salahnya kita sebagai warga masyarakat yang baik, mengetahui dan diharapkan paham mengenai jaminan kesehatan yang dinaungi oleh pemerintah ini. Sehingga kita secara tidak langsung ikut andil dalam membangun Indonesia menjadi negara yang berjiwa gotong royong.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.