Iuran BPJS Perbulan berdasarkan Kelas 2016

iuran-perbulan-bpjs

Menjadi peserta BPJS Kesehatan menjadi kewajiban bagi kita semua yang tinggal di negara Indonesia, itu artinya semua sebagai WNI supaya mematuhi peraturan pemerintah yang telah dibuat. 

Daftar BPJS Kesehatan dapat dilakukan langsung di kantor bpjs kesehatan dengan menyerahkan persyaratan yang dibutuhkan dan mengisi formulir yang telah disediakan secara lengkap, apabila tidak mendaftar bpjs maka akan dikenakan sanksi.

Sanksi apabila tidak mendaftar kedalam bpjs maka yang bersangkutan tidak bisa membuat berkas-berkas negara, seperti pembuatan SIM, pembuatan KTP, pembuatan passpor, pembuatan SIUP, pembuatan kartu keluarga dan lainnya.

Setiap peserta bpjs memiliki hak dan kewajiban, haknya adalah mendapatkan jaminan kesehatan dari bpjs dan kewajibannya adalah membayar iuran bpjs setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih saat mendaftar pertama kali.

Iuran perbulan bpjs yang harus dibayar peserta :

  1. Kelas 1 = Rp80.000
  2. Kelas 2 =Rp 51.000
  3. Kelas 3 = Rp25.500
  4. PBI = Kelas 3 = Gratis

Apabila peserta terlambat membayar iuran atau tidak membayar iuran sama sekali maka status keanggotaannya akan dihentikan sehingga kartu bpjs yang dimilikinya tidak bisa digunakan untuk berobat. Untuk mengaktifkannya kembali cukup melunasi tunggakan iuran yang belum dibayar.

PBI merupakan kelas peserta yang iurannya ditanggung oleh Pemerintah Daerah dan secara otomatis akan terdaftar dalam kelas 3. Peserta tidak bisa melakukan pindah kelas sebelum terdaftar selama 1 tahun.

Baca Juga : Pindah Status dari Mandiri ke PBI

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar