Cara Daftar BPJS Kesehatan Perorangan di Kantor BPJS

mendaftar-jadi-peserta-bpjs

Jika anda merasa bahwa diri anda adalah seorang Warga Negara Indonesia maka anda harus mengikuti peraturan yang berlaku di Negara ini, salah satu yang tercantum dalam peraturan negara yaitu bagi WNI diwajibkan untuk mendaftarkan diri dan keluarga menjadi peserta BPJS Kesehatan untuk mendapatkan jaminan kesehatan nasional. 

Pendaftaran BPJS dapat dilakukan secara online dan offline dengan datang langsung ke kantor bpjs cabang terdekat di kota masing – masing. Kami telah mencatumkan beberapa daftar alamat kantor bpjs di seluruh kota yang ada di Indonesia sehingga anda dapat dengan mudah menemukan lokasi kantor bpjs untuk mendaftar menjadi peserta bpjs.

Bagi Pemilik Askes maka tidak perlu mendaftar lagi menjadi peserta bpjs karena peserta Askes secara otomatis menjadi peserta bpjs. Pendaftaran harus sekaligus orang yang ada didalam kartu keluarga, tidak bisa salah satu saja. Jika memang merasa tidak mampu maka anda bisa mendaftarkan diri menjadi peserta PBI melalui dinas sosial.

Saat mendaftar BPJS Kesehatan anda akan ditawaran kelas bpjs yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Masing – masing kelas akan dikenakan iuran bulanan dan jenis pertanggungan yang berbeda. Kecuali bagi peserta kelas PBI maka secara otomatis akan masuk ke dalam kelas 3 dan iurannya ditanggung pemerintah daerah.

Tarif Iuran BPJS Kesehatan :

  • Iuran Kelas 1 yaitu Rp80.000 per orang per bulan
  • Iuran Kelas 2 yaitu Rp51.000 per orang per bulan.
  • Iuran Kelas 3 yaitu Rp25.500 per orang per bulan.

Iuran bpjs wajib anda bayar setiap bulan paling lambat setiap tanggal 10 setiap bulannya, apabila peserta telat bayar 1 bulan maka status keanggotaannya akan di nonaktifkan sementara sehingga tidak bisa digunakan saat hendak berobat sampai ybs melunasi tagihan iurannya.

Syarat Membuat BPJS Kesehatan

Sebelum datang ke kantor bpjs untuk daftar maka lebih baik anda menyiapkan dulu beberapa berkas persyaratan yang dibutuhkan. Syarat ini harus dipenuhi semuanya tidak boleh kurang salah satunya.

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi KTP/ Paspor, masing-masing 1 lembar
  • Fotokopi Buku Tabungan salah satu peserta yang ada didalam Kartu Keluarga
  • Pasfoto 3 x 4, masing-masing sebanyak 1 lembar.

Cara Daftar menjadi Peserta BPJS di Kantor BPJS

Setelah anda melengkapi persyaratan pendaftaran seperti yang telah kami sebutkan diatas, maka silahkan anda datang ke kantor bpjs kesehatan. Datang pagi hari untuk mengambil nomor anterian, karena kantor bpjs akhir – akhir ini banyak melayani masyarakat untuk menjadi peserta bpjs.

Setelah itu, isi lah formulir pendaftaran bpjs dengan lengkap sesuai dengan data yang diminta. Jika anda bingung mengisi formulirnya anda dapat tanyakan kepada petugas yang sedang bekerja atau bisa baca panduannya di sini > Cara Mengisi Formulir Pendaftaran BPJS Kesehatan

Lampirkan semua dokumen persyaratan bersama formulir pendaftaran yang telah anda isi, masukan kedalam 1 Map atau Amplop Coklat. Daftarkan semua anggota keluarga anda yang ada didalam 1 Kartu Keluarga.

Setelah anda selesai melakukan pendaftaran maka Anda dan calon peserta lainnya akan mendapatkan Nomor Virtual Account (VA) yang akan digunakan sebagai nomor peserta bpjs. Selanjutnya anda melakukan pembayaran iuran pertama ke Bank Mandiri, BRI atau BNI pada hari ke 14 sejak pendaftaran.

Setelah iuran dibayarkan melalui Bank yang telah bekerjasama dengan BPJS seperti yang kami sebutkan, maka serahkan bukti pembayaran iuran pertama ke kantor bpjs tempat anda mendaftar untuk mengambil kartu peserta BPJS anda dan peserta lainnya.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.