Ini Premi BPJS Kesehatan untuk Perorangan atau Mandiri

Premi Iuran BPJS Kesehatan

Ketetapan wajib mendaftar BPJS Kesehatan telah diatur dalam Undang-undang Dasar no.24 tahun 2011, jadi bagi masyarakat yang belum daftar BPJS wajib mendaftarkan diri beserta keluarganya menjadi peserta BPJS Kesehatan untuk mendapatkan jaminan sosial.

Jaminan sosial yang diberikan berupa jaminan kesehatan dimana peserta BPJS Kesehatan yang sakit dapat berobat menggunakan kartu BPJS yang biayanya ditanggung BPJS sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku, dan memenuhi prosedur yang telah ditetapkan.

Setiap peserta terdaftar memiliki hak dan kewajiban, seperti yang sudah disebutkan bahwa itulah hak peserta yaitu mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS, sedangkan kewajiban peserta yaitu membayar premi iuran setiap bulan berdasarkan kelas yang dipilih.

BPJS Kesehatan menawarkan 3 jenis pilihan kelas dengan biaya iuran yang berbeda, perbedaan pada tiap – tiap kelas yaitu terletak pada ruang perawatannya saja, adapun pertanggungan yang lainnya itu sama. Berikut adalah Premi Iuran BPJS Kesehatan :

Pilihan Kelas Iuran Baru
Kelas 1 Rp80.000
Kelas 2 Rp51.000
Kelas 3 Rp25.500

Peserta harus membayar premi tersebut setiap bulan sebelum tanggal 10, apabila peserta menunggak atau telat membayar iuran selama 1 bulan. Maka status keanggotaan peserta akan dinonaktifkan sementara, sehingga peserta tidak bisa menggunakan jaminan kesehatan sebelum melunasi premi bpjs yang belum dibayar.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Pada bulan Maret 2016 saya setor iuran 2x dgn tarip lama Rp59.500 (tgl 04.03.2016 dan 06.03.2016) pada bulan April 2016 tarip iuran menjadi Rp80.000,- , bagaimana cara setor kekurangan Rp 20.500?

Leave a Reply