Ingin Daftarkan bayi yang masih dalam Kandungan? Ini Syaratnya.

Semua WNI wajib mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan, jika tidak akan dikenakan sanksi yaitu tidak bisa menggunakan pelayanan publik seperti pembuatan KK, pembuatan KTP, SIM, Paspor dan sebagainya. Pendaftaran boleh diwakilkan asalkan ybs namanya tercantum dalam 1 Kartu Keluarga.

BPJS juga melayani pendaftaran untuk bayi yang masih ada didalam kandungan. Status kepesertaannya akan aktif setelah bayi lahir dan membayar iuran pertama, dan bisa langsung digunakan (apabila setelah lahir membutuhkan pelayanan medis dan tidak dikenakan biaya) semua ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Tentunya jika memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku,.

bayi masih dalam kandungan
bayi masih dalam kandungan

Jika anda sebagai peserta mandiri terdapat beberpa syarat dan prosedur yang harus diikuti agar anda bisa mendaftarkan bayi yang masih ada didalam kandungan si Ibu. Syaratnya cukup mudah yaitu lengkapi Surat Keterangan kandungan dari dokter/bidan, kartu BPJS ibunya, KTP dan KK.

Sedangkan jika anda terdaftar sebagai peserta PPU (Perusahaan) maka tidak bisa mendaftarkan bayi dalam kandungan, baru bisa didaftarkan setelah bayinya lahir dalam keadaan hidup. 

Untuk pendaftaran calon bayi / bayi yang masih dalam kandungan maka di perkirakan usia kandungan ibu sudah memasuki 6 bulan dan maksimal 14 hari sebelum hari perkiraan lahir. Orangtua dapat mendaftarkan langsung ke kantor BPJS Kesehatan setempat dengan membawa persyaratan yang telah kami sebutkan diatas.

Baca Juga : Iuran Peserta BPJS

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.