Inilah Biaya Iuran BPJS Kesehatan tiap – tiap Kelas

Iuran BPJS Kesehatan 2016 Iuran BPJS Kesehatan 2016

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan bentuk transformasi dari program pemerintah sebelumnya yaitu Askes. Secara tujuan tetap sama yaitu memberikan layanan jaminan kesehatan kepada semua masyarakat. Maka dari itu semua penduduk WNI atau WNI yang menetap di Indonesia minimal 6 bulan harus diwajibkan untuk daftar BPJS.

Pendaftaran BPJS Kesehatan dapat dilakukan langsung melalui Kantor BPJS Kesehatan yang ada di daerah masing – masing, karena saat ini BPJS telah memiliki kantor diseluruh provinsi yang ada di Indonesia. Pendaftaran peserta juga bisa dilakukan secara online dengan mengisi formulir yang telah disediakan. Kemudian jarak 14 hari peserta wajib membayar iuran pertama.

Besarnya biaya iuran BPJS Kesehatan yang dibebankan kepada peserta disesuaikan berdasarkan jenis kelas. Jenis kelas di buat berdasarkan kemampuan masing – masing. Ada kelas 1 dengan biaya iuran Rp80.000/bulan per orang , ada kelas 2 dengan biaya iuran kelas Rp51.000 bulan per orang dan ada juga kelas 3 dengan biaya Iuran Rp25.000 bulan per orang.

Sedangkan untuk Masyarakat yang tidak mampu (masuk dalam kategori warga miskin) tetap bisa mendapatkan layanan jaminan kesehatan dari BPJS dengan mendaftar melalui program bantuan iuran (PBI) yang ditanggung oleh Dinas Sosial (Dinsos) pemerintah setempat.

Perbedaan biaya iuran bpjs ini sama sekali tidak mempengaruhi kualitas pelayanan, hanya ada sedikit perbedaan dalam hal fasilitas yang akan diberikan kepada peserta BPJS seperti ruang kamar rawat inap. Sedangkan untuk Obat dan pertanggungan tetap sama. Bayar iuran peserta setiap bulan sebelum tanggal 10 setiap bulannya, jika peserta menunggak maka status keanggotaan akan diberhentikan sementara.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. usswatun hasana

    Adik saya jatuh gigi patah perlu ditambal untuk menutupi gigi depan yg patah kenapa tidak tercover BPJS dengan konfirmasi tidak ada bahan.
    Jadi percuma perbulan bayar …mau pakai ndak bisa…dan ujung2nya juga bayar ke RS lain.

Leave a Reply