Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan

Jaminan Hari Tua BPJSTK

Jaminan Hari Tua (JHT) yakni jaminan yang memberikan perlindungan kepada para pekerja terhadap resiko yang terjadi di hari tua, dimana produktivitas pekerja sudah menurun.

JHT merupakan sistem tabungan hari tua yang besarnya merupakan akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya. JHT ini dapat dicairkan saat pekerja mencapai usia 56 tahun atau meninggal dunia atau cacat total tetap.

Manfaat JHT juga dapat diambil saat kepesertaan mencapai 10 tahun dengan besaran 10% untuk persiapan hari tua atau 30% untuk pembiayaan perumahan. Pencairan manfaat pada kepesertaaan 10 tahun tersebut hanya dapat dipilih salah satu, baik untuk perisapan hari tua atau pembiayaan rumah.

Terkait dengan aspirasi yang berkembang di masyarakat tentang mekanisme pencairan dana hari tua BPJS Ketenagakerjaan, Presiden RI memberi jawaban atas polemik yang berkembang tersebut.

Pak Presiden Joko Widodo memerintahkan agar aspirasi masyarakat dapat diakomodir melalui mekanisme pencairan dana hari tua yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Arahan dari Presiden berupa pengecualian bagi peserta yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) atau berhenti bekerja, sehingga dapat langsung mencairkan dana hari tua mereka dengan amsa tunggu selama 1 bulan tanpa menunggu masa kepesertaan 10 tahun.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply