Cek Saldo Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan

cek-saldo-jht-tk

Bagi para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin mengetahui berapa besar saldo jht yang diperoleh selama menjadi peserta bpjs tk maka bisa langsung cek saldo jht melalui aplikasi yang telah dibuat oleh pakar IT BPJS, aplikasi tersebut diberinama “BPJSTK Mobile”.

Melalui aplikasi BPJSTK Mobile peserta dapat memantau langsung perusahaan yang juga turut membayarkan JHT. Dengan begitu peserta dapat berpartisipasi untuk mengawasi dalam hal mengetahui apakah perusahaan telah membayar kewajibannya atau belum.

Aplikasi BPJSTK Mobile dapat digunakan peserta untuk mengecek saldo jht secara online, maka pastikan saat mengakses aplikasi ini, smartphone yang anda miliki telah terkoneksi dengan paket data operator yang digunakan. Aplikasi dapat di download langsung melalui Playstore.

Peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu agar bisa menggunakan aplikasi tersebut. Fitur yang terdapat dalam aplikasi ini berupa fitur untuk simulasi perhitungan saldo jht, ifnormasi program jht, cek saldo jht dan lain sebagainya. Peserta cukup klik-klik saja.

Sebagai informasi JHT merupakan singkatan dari Jaminan Hari Tua yang merupakan tabungan para pekerja untuk persiapan hari tua berupa uang tunai yang besarnya di hitung dari akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya.

Besaran iuran JHT ialah untuk penerima upah sebesar 5,7 persen dengan rincian 2 persen pekerja dan 3,7 persen untuk pemberi kerja. Upah yang digunakan merupakan upah sebulan yang terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap. Sedangkan untuk pekerja bukan penerima upah besarannya sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah.

Baca Juga : Keuntungan Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Pada dasarnya JHT  itu merupakan tabungan setiap bulan yang didapat dari penyisihkan gaji. Contoh : Misalkan anda memiliki gaji sebesar Rp5 juta perbulan maka akan dipotong 2% untuk tabungan jht. Maka gaji yang anda terima hanya Rp4.900.000, yang Rp100ribu dialihkan menjadi saldo jht. Kemudian perusahaan akan menambah 3,7% dari gaji Rp5 juta untuk saldo jht anda. Saldo jht dapat diambil capai usia pensiun yaitu usia 56 tahun.

Jika peserta meninggal dunia maka saldo jht tersebut akan diberikan kepada ahli waris sebesar yang telah dibayar selama ini berikut pengembangannya. Sedangkan untuk peserta yang berhenti bekerja (baik di PHP maupun mengundurkan diri) juga bisa mencairkan saldo jht yang dimilikinya.

 

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.