Cara Mencairkan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mencairkan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan memberikan jaminan sosial kepada para pekerja sama halnya dengan rpogram terdahulu yang telah dijalankan oleh Jamsostek.

Salah satu program yang dijalankan yaitu Jaminan Hari Tua (JHT) yang dapat memberikan manfaat kepada para tenaga kerja pada masa pensiun atau ketika pemutusan kerja oleh perusahaan.

Fasilitas JHT dapat dirasakah ketika usia mencapai 55 tahun atau keluar dari perusahaan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Sebagian iuran JHT dibayar oleh anda (2%) dengan memotong gaji, dan sebagian lagi dibayar oleh Perusahaan (3,7%).

Program ini sangat bermanfaat ketika anda memasuki usia pensiun atau tiba-tiba berhenti bekerja setelah memenuhi masa kepesertaan lima tahun dan masa tunggu 1 bulan. Pencairan dana JHT tidak seribet yang dipikirkan, karena banyak orang menganggap mencairkan dana JHT itu susah, terlalu ribet.

Tapi sebenarnya jika mengetahui prosedur yang berlaku yang telah ditetapkan BPJS Ketenagakerjaan semua akan berjalan dengan baik. Maka dari itu disini kami akan mengulas secara singkat dan jelas tentang cara mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan.

#. Berhubung pencairan dana JHT tidak bisa diwakilkan, maka anda harus datang sendiri ke kantor BPJS Ketenegakerjaan untuk mencairkan Dana JHT anda. Sebelumnya lengkapi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan.

#. Isi Formulir pencairan dana JHT yang telah disediakan petugas BPJS Ketenagakerjaan, dan menyerahkan Syarat yang telah anda siapkan sebelumnya, adapun syarat yang dibutuhkan diantaranya Kartu Jamsostek asli, KTP asli dan fotokopi, KK asli dan fotokopi, Buku Tabungan asli dan fotokopi, serta Surat Pengalaman Kerja dari perusahaan lama asli dan fotokopi.

#. Setelah Formulir diisi dengan lengkap dan Berkas persyaratan telah terpenuhi semua, maka masukan kedalam sebuah map yang telah diberikan oleh Petugas bersamaan dengan formulir pencairan dana JHT.

#. Selanjutnya anda pergi ke Loket pemeriksaan kelengkapan dokumen untuk dilakukan verifikasi data-data selama kurang lebih 5 menit. Selanjutnya berkas yang telah diverifikasi dibwa ke petugas dan minta nomor antrian pada penjaga setempat di loket pelayanan pencairan.

#. Setelah berkas dan dan data-data yang telah diberikan kepada petugas dinyatakan lulus verifikasi , maka anda bisa langsung menerima pembayaran dana JHT yang menjadi hak anda sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kesimpulannya : Prosedur mencairkan dana JHT BPJS itu mudah dan gampang, jika semua dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Dan intinya sebelum datang ke kantor BPJS untuk mencairkan dana JHT, anda harus benar-benar melengkapi semua berkas secara detil agar tidak bolak-balik saat mengurus pencairan dana BPJS.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


  1. Klow ingin mencairkan bpjs individu bukan perusahaan, apa nunggu usia 55 tahun baru bisa dicairkan…? Sedangkan bpjs dari perusahaan, keluar dari pekerjaan, dan persyaratan lengkap nunggu satu bulan udh cair.

  2. Terkait kelengkapan data untuk cair dana JHT. Ada yang bilang butuh 2 paklaring, padahal kartunya hanya 1. Apakah itu betul?, seandainya hanya 1 memang tidak bisa cair?.

  3. sya dlu bkrja di salah satu prusahàn di batam,tpatnya tanjung balai karimun,sya dah berhenti bkrja smpai saat ini dah 3 bln,tpi knapa bpjs sya tdak bsa di cairkan ktnya msih aktif,sdangkan sya udah berhnti bkerja,bgaimna sya menonaktifkan bpjs sya,sdangkan prusahaan ga mau tau,apa kah ga ada tindakan/sangsi buat persahaan yang nakal kepda kantor bpjs,trimakasih

      • Mohon info utk mencairkan dana BPJS Krn sy sdh mengundurkan diri dari perusahaan 4,5thn dan sdh tidak aktif di perusahaan lainnya.Jadi apa saja dokumen yg hrs sy bawa lengkap.tlg info nya trmksh(Surabaya city)

  4. saya sudah berkali-kali coba klaim jht online. tetapi programnya selalu terhenti ketika akan meng up-load file data.
    bagaimana jalan keluarnya. mohon bantuannya.
    [saya pensiun tgl 2 Januari 2017]

  5. Bagaimana kalau punya 2 kartu bpjs dalam 1 perusahaan ? Jadi 1 grup tp beda PT.. apakah paklaringnya harus dr kedua PT tsb atau hanya yg terakhir ?

Leave a Reply