Cara Menggunakan Kartu BPJS di Luar Wilayah Domisili

Minta Surat Pengantar dari BPJS

Bagi peserta BPJS supaya selalu membawa kartu anggota kemanapun perginya, jika sewaktu – waktu mengalami gangguan kesehatan (sakit) maka bisa menggunakan layanan ini di luar wilayah. Saat hendak ingin menggunakan layanan jaminan kesehatan peserta supaya mengikuti prosedur yang berlaku.

Prosedur berobat menggunakan kartu bpjs di luar wilayah domisili ketika sedang bepergian yaitu sebalum peserta pergi berobat ke puskesmas atau klinik (faskes 1) maka peserta harus memita surat pengantar ke faskes 1 dari kantor cabang BPJS kesehatan terdekat di wilayah tersebut.

Surat pengantar yang telah di dapat dari kantor BPJS Kesehatan setempat dapat anda bawa saat berobat ke faskes yang telah di tunjuk untuk melayani anda. Jangan lupa juga untuk membawa data pelengkap lainnya seperti Kartu Peserta, KTP, dan Kartu Keluarga sebagai verifikasi data.

Cara ini dapat digunakan bagi anda yang ingin melahirkan di luar wilayah domisili, misal anda sedang pergi ke rumah mertua dengan kondisi hamil tua yang sewaktu – waktu dapat melahirkan. Demikianlah prosedur berobat di luar wilayah menggunakan kartu bpjs yang harus anda ikut.

Atau Peserta dapat juga melakukan perubahan data pindah faskes di domisili tersebut, perubahan faskes dapat dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat dengan domisili dan perubahan faskes dapat dilakukan setelah 3 bulan terdaftar difaskes 1 sebelumnya dengan membawa surat keterangan domisili.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Saya peserta bpjs di kota surabaya tapi anak saya di kota kupang ntt bagaimana prosedur pemakaian bpjs bagi anak anak saya

Leave a Reply