Cara Meneruskan Kepesertaan BPJS Bagi yang Berhenti Kerja

Bagi para pegawai atau karyawan yang bekerja di sebuah Perusahaan dapat mendaftar BPJS melalui jalur kepesertaan, PPU (Pekerja Penerima Upah) maksudnya adalah iuran peserta akan di bayarkan oleh Perushaan.

Untuk kelas kepesertaan akan ditentukan berdasarkan penghasilan atau gaji bulanan anda, bagi perusahaan yang tidak mendaftarkan pegawai atau karyawannya menjadi peserta BPJS maka akan mendapatkan sanksi.

Namun, terkadang pegawai atau karyawan dapat berhenti bekerja sewaktu-waktu baik itu karena mengundurkan diri atau karena di pecat oleh perusahaan. Lantas bagaimana kelanjutan dari kepesertaan BPJS apabila karyawan berhenti bekerja?

Perlu anda ketahui bahwa, peserta yang sudah keluar dari pekerjaannya datanya tetap tersimpan di master data BPJS Kesehatan dan anda dapat melanjutkan kembali setelah mendapatkan pekerjaan di perusahaan, peserta mendapatkan tempo selama 6 bulan untuk mencari pekerjaan yang baru tanpa harus membayar iuran..

Sedangkan apabila anda tidak juga mendapatkan pekerjaan dan ingin segera menggunakan BPJS maka anda bisa melanjutkan kepesertaannya menjadi peserta PBPU atau Peserta Mandiri dengan melakukan perubahan jenis kepesertaan di kantor BPJS Kesehatan.

Untuk merubah jenis kepesertan dapat dilakukan di kantor BPJS dengan mengisi formulir peruabahan data dan melampirkan kartu BPJS dan KTP. Informasi lebih lengkap dapat ke kantor BPJS Kesehatan atau menghubungi call center 1500 400

Baca Juga : Resign atau di PHK dari Pekerjaan

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar