Cara Mengaktifkan Kartu bpjs yang Sudah Tidak Aktif

Cara Mengaktifkan Kartu BPJS yang Mati

Peserta BPJS akan mendapatkan kartu peserta yang berfungsi sebagai tanpa pengenal yang membuktikan bahwa anda telah resmi menjadi peserta BPJS. Didalam kartu BPJS akan tertara nama lengkap, nomor peserta, nomor KTP, tanggal lahir, dan nama faskes 1 yang digunkana untuk berobat.

Kewajiban yang harus ditunaikan para peserta BPJS yaitu membayar iuran bpjs sesuai dengan kelas yang dipilih, iuran dibayar setiap bulan sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Apabila peserta yang bersangkutan telat membayar iuran yang sudah menjadi kewajibannya maka status keanggotaannya akan di nonaktifkan.

Baca Juga : Bayar Iuran Sebelum Tanggal 10

Jika kartu BPJS tidak aktif karena telat bayar maka anda tidak bisa berobat menggunakan kartu bpjs, anda akan berobat sebagai pasien umum. Untuk mengaktifkannya lagi maka anda harus melunasi tunggakan iuran yang belum dibayar sesuai dengan bulan yang tertunggak.

Misal anda tidak bayar iuran selama 1 tahun terakhir maka anda harus membayar iuran untuk 12 bulan. Apabila anda terdaftar dalam kelas 2 dengan iuran Rp51.000 maka tunggakan anda sebesar Rp612.000 . Anda bisa membayar tunggakan lansung ke kantor BPJS.

Baca juga : Telat 1 Tahun bayar iuran di Kantor BPJS

Setelah tunggakan tersebut lunas maka status kartu bpjs anda akan kembali aktif dalam waktu 1×24 jam dan anda bisa menggunaknnya kembali, tidak ada denda keterlambatan dalam hal ini. Denda nya saat ini telah dirubah menjadi denda rawat inap, yaitu jika anda menggunakan bpjs dalam waktu 45 hari sejak kartu diaktifkan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...



loading...

Leave a Reply