Cara Mengaktifkan Kartu bpjs yang Sudah Tidak Aktif

Cara Mengaktifkan Kartu BPJS yang Mati
Cara Mengaktifkan Kartu BPJS yang Mati

Cara Mengaktifkan Kartu BPJS yang Mati

Peserta BPJS akan mendapatkan kartu peserta yang berfungsi sebagai tanpa pengenal yang membuktikan bahwa anda telah resmi menjadi peserta BPJS. Didalam kartu BPJS akan tertara nama lengkap, nomor peserta, nomor KTP, tanggal lahir, dan nama faskes 1 yang digunkana untuk berobat.

Kewajiban yang harus ditunaikan para peserta BPJS yaitu membayar iuran bpjs sesuai dengan kelas yang dipilih, iuran dibayar setiap bulan sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Apabila peserta yang bersangkutan telat membayar iuran yang sudah menjadi kewajibannya maka status keanggotaannya akan di nonaktifkan.

Baca Juga : Bayar Iuran Sebelum Tanggal 10

Jika kartu BPJS tidak aktif karena telat bayar maka anda tidak bisa berobat menggunakan kartu bpjs, anda akan berobat sebagai pasien umum. Untuk mengaktifkannya lagi maka anda harus melunasi tunggakan iuran yang belum dibayar sesuai dengan bulan yang tertunggak.

Misal anda tidak bayar iuran selama 1 tahun terakhir maka anda harus membayar iuran untuk 12 bulan. Apabila anda terdaftar dalam kelas 2 dengan iuran Rp51.000 maka tunggakan anda sebesar Rp612.000 . Anda bisa membayar tunggakan lansung ke kantor BPJS.

Baca juga : Telat 1 Tahun bayar iuran di Kantor BPJS

Setelah tunggakan tersebut lunas maka status kartu bpjs anda akan kembali aktif dalam waktu 1×24 jam dan anda bisa menggunaknnya kembali, tidak ada denda keterlambatan dalam hal ini. Denda nya saat ini telah dirubah menjadi denda rawat inap, yaitu jika anda menggunakan bpjs dalam waktu 45 hari sejak kartu diaktifkan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


12 Comments

  1. bpjs ketenaga kerjaan istri saya hilang saat meminta NIK/ID BPJS untuk mengurus surat pengganti. perusaannya berkesan mengulur ngulur waktu sampai istri saya keluar dari pekerjaannya blum juga di tindaklanjut oleh perusaannya. kejadian ini sudah 6 bln lalu
    sekarang ingin tarik saldo tidak bisa dan kelengkapan data surat sangat kehilangan sangat banyak dan ribet.
    padahal istri saya sudah bekerja 5 tahun.
    saya hanya ingin meminta haknya dia sebagai peserta BPJS. kejadian seperti ini sangat di sayangkan percuma saja istri saya yang sudah membayar kewajibannya tetapi tak mendapatkan haknya. bpjs istri hilang ngurus kelengkapannya ribet perusahaanya lepas tangan istri saya melahirkan pun gak pake bpjs.

  2. Saya tadinya status kepersertaanya itu PPU tapi bulan ini saya resign dan ingin menjadi kepersertaan mandiri tapi saya tdk punya buku tabungan (BNI,BRI, dan Mandiri) apa bisa saya pindah kepersetaan jadi mandiri/perorangan?

  3. Terakhir bayar bpjs mei 2015 , pas cek tunggakan d website bpjs total 646000 dan biaya perbulan nya masih tertulis 42500 untuk kelas 2, mohon penjrlasan nya apa data nya valid

  4. Saya PNS dengan 4 org anak, anak pertama telah telah memiliki BPJS Mandiri dan anak ke-2 lahir th 1993 telah dewasa, yg msh terdaftar mjd tanggungan adalah no.3&4.
    Pertanyaan :
    Bagaimana cara peralihan utk anak sy yang no.2 tsb agar tetap menjadi anggota BPJS dan sdh tdk menjadi tanggungan negara.
    Tks

  5. Selamat sore, saya anggota BPJS sekeluarga diperusahaan tempat bekerja dan salah satu anak kartunya tidak diaktfkan sepihak oleh BPJS , bagaimana supaya aktif lagi dan bila memerlukan pembayaran mohon dipotongkan gaji saya lewat perusahaan. Terima kasih

Leave a Reply