Pendaftaran Peserta BPJS Kesehatan bagi Warga Kurang Mampu

Pendaftaran Peserta BPJS untuk Warga Kurang Mampu

Ada seorang warga yang memiliki ekonomi menengah kebawah bahkan bisa dikatakan golongan warga yang kurang mampu, dimana ia sedang hamil dan ingin melahirkan. Dengan bergabung menjadi peserta BPJS berharap biaya persalinan / melahirkan bayinya di tanggung BPJS, karena memang tidak memiliki uang yang cukup untuk membayar biaya persalinan.

Jika anda tergolong warga kurang mampu seperti cerita diatas, maka anda dapat mendaftar menjadi peserta BPJS dengan jalur Penerima Bantuan Iuran (PBI).  Anda dapat melapor ke Dinas Sosial setempat agar nama anda diusulkan menjadi peserta PBI yang biaya iurannya ditanggung oleh Pemerintah.

Pastikan data anda pada kartu keluarga (KK Antara Suami dan Istri) telah diperbaharui menjadi satu KK.

Setelah anda terdaftar menjadi peserta BPJS jalur PBI maka anda akan mendapatkan hak yang sama dengan peserta kelas 3. Selanjutnya, anda akan mendapatkan KIS dari BPJS Kesehatan yang akan dikirimkan melalui Kantor POS atau bisa dicetak di kantor BPJS Kesehatan.

Saat berobat menggunakan fasilitas kis / bpjs diharapkan untuk sabar, karena memang jumlah PBI cukup dibilang banyak yang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS. Perlu diketahui bahwa peserta PBI hanya bisa mendapatkan fasilitas untuk kelas 3 saja, tidak bisa naik satu tingkat diatasnya dan wajib menggunakan faskes milik pemerintah.

Bila peserta inginan menjadi peserta Peserta Mandiri maka dapat melaporkan diri ke Dinsos untuk pencabutan pertanggung jawaban. Selanjutnya mendaftar ulang di Kantor BPJS Kesehatan dengan membayar syarat berupa KK, KTP dan Foto. Anda dapat memilih faskes dan kelas yang diinginkan.

Baca Juga : Syarat Daftar BPJS Kesehatan

Biaya Iuran Peserta Berdasarkan Kelas :

  • Iuran Kelas 1 = Rp80.000
  • Iuran Kelas 2 = Rp51.000
  • Iuran Kelas 3 = Rp25.500

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply