Cara Berhenti atau Keluar dari Peserta BPJS Kesehatan

Berhenti dari BPJS

Cukup banyak juga peserta bpjs kesehatan yang mengeluhkan tentang pelayanan yang diberikan bpjs, ada juga yang mengeluhkan bahwa dirinya merasa rugi karena tidak menggunakan bpjs padahal setiap bulan bayar iuran (padahal lebih baik begitu, itu artinya anda sehat), ada juga yang mengeluhkan bahwa prosedur berobat yang diterapkan bpjs begitu ribet, ada juga yang mengeluhkan karena iuran bpjs yang dinilai mahal sehingga memutuskan untuk berhenti dari bpjs.

Berbagai pertanyaan dan pencarian mengenai cara berhenti atau menonaktifkan kartu bpjs kerap dilayangkan kepada kami.

  • Apakah bisa berhenti dari bpjs?
  • apakah bisa menonaktifkan bpjs?
  • apakah bisa keluar dari bpjs? dan sebagainya.

Pertanyaan itu lah yang banyak sering ditanyakan beberapa peserta bpjs yang ingin berhenti dari bpjs karena merasa dirugikan.

Inilah Jawabnya :

Status kepesertaan bpjs bersifat wajib bagi seluruh warga negara indonesia tanpa terkecuali , guna mendukung program JKN Pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan.

BPJS Kesehatan menerapkan sistem iuran gotong royong, maka dari itulah JKN mendirikan lembaga atau perusahaan nirlaba yang bergerak dibidang jaminan sosial. Karena bersifat wajib maka peserta tidak bisa keluar atau berhenti dari bpjs kesehatan.

Kecuali jika meninggal dunia, ketika peserta bpjs meninggal dunia maka status kepesertaaannya dapat di hapus dan di hentikan, dan itupun pihak keluarga harus melaporkan anggota keluarga nya ke bpjs agar tidak ada iuran yang tertunggak.


Saat melaporkan peserta bpjs yang telah meninggal dunia dibuktikan dengan membawa surat kematian dari kelurahan setempat dan menyerahkan kartu bpjs peserta meninggal dunia tersebut.

Kesimpulannya :

Peserta bpjs kesehatan tidak bisa berhenti atau keluar dari bpjs kesehatan, status kepesertaan akan di hentikan atau di nonaktifkan jika peserta tidak membayar iuran (menunggak) selama 1 bulan.

Ketika status kepesertaan di nonaktifkan maka bukan berarti terlepas dari bayar iuran, peserta yang menunggak akan terus mendapatkan tagihan selama bulan yang belum dilunasi.

Ketika status di hentikan atau dinonaktifkan maka peserta tersebut tidak bisa lagi menggunakan kartu bpjs saat ingin berobat gratis dari bpjs sebelum melunasi tunggakan.

Jika anda menunggak iuran 1 tahun maka seluruh tagihan harus dilunasi secara kontan tidak bisa bayar dengan dicicil.

Baca Juga : Bayar Iuran di Cicil

Jika tunggakan telah dilunasi maka status akan diaktifkan kembali dan anda bisa menggunakan kartu bpjs untuk berobat tapi perlu diketahui bahwa anda tidak boleh menggunakan kartu bpjs khusus untuk pelayanan rawat inap sebelum 45 hari, karena jika anda menjalani rawat inap dengan layanan bpjs maka anda akan dikenakan biaya administrasi 2,5% dari biaya rawat inap. 

Jika memang anda sudah tidak mampu bayar iuran bpjs karena tidak bekerja atau lain sebagainya anda bisa merubah kepesertaan ke PBI atau penerima bantuan iuran bpjs kesehatan nantinya jika anda sudah pindah ke PBI iuran bulanan anda ditanggung pemerintah,namun jika anda mau pindah anda sudah menunggak silahkan lunasi dulu tunggakan iuran bpjs anda.

Baca Juga: Siap-Siap!! 1 Januari 2020 Iuran BPJS Kesehatan Akan Naik


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

93 COMMENTS

  1. Bagaimana caranya untuk berhenti dari layanan BPJS? Saya sudah gak mampu bayar!
    BPJS adalah kebijakan pemerintah yang mencekik rakyat kecil dan susah macam saya.

  2. Sy PNS sejak 2016; tapi sebelum itu sy sdh membuat bpjs. Nah sejak iuran bpjs naik, sy merasa keberatan utk membayar dobel iuran bpjs (yg satu sy bayar sendiri; yg satu potong dari gaji PNS). Bgmnkah cara menutup kepesertaan bpjs yg sy bayar sendiri? Tks

  3. Saya pingin menonaktifkan bpjs gmana caranya. Bpjs ternyata bukan solusi buat masyarakat tapi seperti bom waktu yang sewaktu waktu bisa meletus dan menyusahkan kita sendiri.

  4. Saat ini saya menunggak iuran bpjs,krna udah ngk kuat bayar,bagaimana cara ny supaya bisa kluar dari keanggotaan Bpjs,karna mau pindah ke PBI?

  5. ada juga yang mengeluhkan bahwa dirinya merasa rugi karena tidak menggunakan bpjs padahal setiap bulan bayar iuran (padahal lebih baik begitu, itu artinya anda sehat)

    Bukannya selalu sehat, mau ngurus apa” susah mending jalur umum,dan saya dibilang nunggak dan di tagih via tlfn,saya mau tutup bpjs saya karna saya tidak pernah pakai bpjs saya, bukan berarti saya selalu sehat,karna saya selalu pakai jalur umum, karena lebih cepat praktis dan obatnya juga jelas bukan obat generik sembarangan dan kamar rumah sakit yg selalu bilang kosong,perbaiki tata bahasanya tolong!!

  6. Saya mau daftar bpjs mandiri. tp syaratnya harus per KK. sedangkan di KK saya ada dua orang sudah terdaftar bpjs Tenaga kerja. apakah harus mendaftar lagi walaupun sudah punya bpjs Tenaga kerja. mohon di jawab

  7. Utk pindah kelas apakah harus ada melewati ujian kehidupan dulu? Kami rakyat sdh terlalu berat menanggung beban kesehatan itu…

  8. Saya nyesal daftar jadi peserta pbjs tidak sebanding apa yg di dapatkan dgn fasilitas tidak memuaskan percuma kls 2 pelayananya, tempatnya kurang memadain udah pbjs yurannya mahal

  9. TURUNKAN HARGA BPJS ….
    pembayaran setiap bulan MAHAl dan tidak sesuai dengan FASILITAS, PELAYANAN apa yg di dapatkan.
    Saya kls 2 yg di dapatkan 1 kamar 4 pasien tidak ada ruang untuk tamu, tv, ac rusak.
    Tidak memuaskan kecewa saya

  10. Persyaratan pindah dr bpjs mandiri ke bpjs PBI itu gimana ya?
    Kmi merasa keberatan dg iuran perbulan…
    Dulu masih krj di pabrik..skr cm jualan jamu…
    Mohon bantuanya??

  11. Cara agar BPJS tidak rugi.. Opsi pertama Menteri kesehatan harus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat indonesia dengan memperbaiki gizi makanan dengan penyediaan bahan makanan sehat dan terjangkau, Vaksin secara berkala sesuai kebutuhan. Kampanye meningkatkan sadar olahraga dengan misal giatkan senam ke setiap elemen masyarakat dan instansi. Bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja terkait Sistem Kerja sehat di tempat kerja. Bekerja sama dengan kementerian Perhubungan dan POLRI terkait meningkatkan kesadaran dan keselamatan berlalu lintas guna menekan angka kecelakaan. Bekerja sama dengan penyedia obat dengan menciptakan obat dalam negeri dengan harga terjangkau. Bekerja sama dengan PUPR terkait penyediaan perumahan dengan layak huni, Bekerja sama dengan Dinas Kebersihan terkait pengelolaan sampah terlebih di perumahan kumuh. Lebih ke Preventive pencegahan.

    Bukan meningkatkan anggaran agar setiap orang sakit dan berobat itu opsi kedua setelah upaya pertama gagal.

  12. Apakah ada pencairan BPJS stelah kematian pengguna?
    Misalkan kartu tersebut belum pernah terpakai dan tagihan tiap bulan selalu bayar.

  13. Permisi sy pgn pindh ke pbi cr nya gmn,tapi ko harus lunasin tunggakn ya.sdgkn posisi suami sy lg ngagur boro buat byr bpjs buat mkn aj susah….

  14. Terus terang Meski ada BPJS, saya tidak pernah pake layanan itu. Saya lebih memilih layanan umum (non BPJS) Meski hadiahnya bayar Mahal. Karna memang umun sll diprioritaskan.
    Ironis nya Lagi, isue kebaikan tariff BPJS disandingkan dengan kenaikan direkap Dan jajarannya yg gajinya mencapai 150jt akan Naik 2 kali Lipat. Meski bahasanya bonus.
    Tau kayak gini Mendingan jd direksi ja. Gaji gede Bayar BPJSnya ditanggung pula.

  15. Guys : yg mau pindah kelas dari kelas 1 atau 2 kelas 3 atau 2 bisa ko datang saja k ktr BPJS setempat bawa kk, ktp,

  16. Saya gak pernah terdaftar jd peserta BPJS sebab dr awal nurani saya berkata ngapain musti bayar kl kita Lom tentu sakit atau memakai jasa BPJS tsb,,Soo yg wajib bukan BPJS cuyyy…tpi nabung ndiri dirumah biar pas sakit lansung berobat dan bayar gak ribet kan??

  17. @ry tidak bisa dibuka oleh perusahaan.. harus mandiri yg buka kembali dgn persyaratan seperti buka bpjs dr awal.. tp jangan kaget ketika buka kembali 1 KK yg harus didaftarkan

  18. Biaya kenaikan sangat tdk masuk akal. Knp langsung naik dr yg 25 jd 42 . Gak ngerti lagii dehh rakyat nya di buat susah trs.

  19. Saya sudah tidak bekerrja saya tidak mampu bayar untuk kenaikan Bpjs yg begitu tinggi,gimana cara saya pindah ke bpjs pemerintah supaya ga bayar tiap bulan yg mencekik kelas bawah seperti saya

  20. Sya kecewa dg peraturan bpjs dulu awal ada bpjs sy ikut yg 25rb an tp pas istri melahrkan gak bisa ditindak dirumah tmpt sy karna peratran harus drumah bersalin dr st sy gak mbyar lg dah 4,5th,kalau sy harus mbyar tunggakan gak mampu krna dah lama dan sy gak pernah pakai itu kartunya

  21. Suami sy pensiunan pns bpjs klas 1..apakah bpjs mandiri sy dan anak sy bisa turun kelas ke kelas 3 krn tdk sanggup byr tiap bulannya?

  22. Sekarang saya milih nabung saja, Semoga keluarga saya selalu di beri kesehatan, di jauhkan dari sakit2 yg berat, dan di mudah kan di akhirhayat nanti.

  23. Saya dlu pake kk yg lama saya sudah menikah..kemudian punya kk baru dan punya anak …saya sudah menunggak 1thn saya mw memperbarui b
    pjs saya dengan kk baru ini.dan melakukan pelunasan apa saja syaratnya kax …mhon penjelasanya

  24. Th 2015 adik saya mendaftarkan saya n ibu sy di BPJS kesehatan, stlh isi form. N melengkapi berkas2, adik sy, diminta utk mmbayar via atm senilai 120rb(2 org), stlh membayar adik sy mmbawa bukti pembayaran, n meminta kartu BPJS. Tp dibagian kartu ( org yg berbeda), tdk dbrikan…dgn alasan tdk bs dproses krn harus 1 kk yg dftar bpjs, sdgkan adik n kakak sy sdh didaftarkan mlui perusahaan tempat mrk bkerja. Dan adik sy pulang dgn prsaan kecewa srta mengiklaskan uang 120rb ke bpjs. Ttp di th 2016, suami sy mndftrkan bpjs mlui perusahaan tempat dia bekerja. Bpjs sy aktif n menunggak, ini sy hrus bgmana. Th 2015 sy bayar sy ditolak…tp se th kmudian sy trhitung nunggak.

  25. Tak di bayangkan management negeri bobrok ini. Sy tidak pernah tettarik masuk bpjs terpaksa karena syarat adm negara ini. Sekali masuk tidak bisa keluar, malah terhutang walaupun tidak pernah berobat. Akal2an paksa rakyat setor uang keringat rakyat, Trus teriak rugi naek deh preminya. Sama kayak pln sm pam. Blm lagi harga2 terus2an naek. Semakin sulit bernafas di negeri ini. He eh ibu menterinya menyarankan agar bpjs gak rugi rakyat mesti hidup sehat dan jaga kesehatan. Wah wah… se enak e dewe. Ancur dah negeri ini.

  26. Sy mau turun kelas dari kelas 2 ke kelas 3, krn kenaikan iuran ini sy tidak mampu, tp kenapa skrg pembayarannya harus auto debet melalui rekening tabungan yg dipilih oleh BPJS, bisakah turun kelas tp pembayarannya tetap manual ke indomaret? krn kalau hrs buka rekening dl berarti hrs deposit uang lg di bank.

  27. Cara berhenti dari bpjs gimana? Setelah ada kenaikan saya dan ibu saya mau berhenti saja krn sdh tdk sanggup bayar. Listrik dirumah saja cuma 900kwh itu saja yg tadinya bayarnya 70-80rb semenjak cabut subsidi saya bayar jadi hampir 200rb-an. Sembako jg naik spt telor dulu 18rb-an jadi 22-24rb an bahkan pernah 26rb per kilonya

  28. Saya ingin berhenti dr iuran bpjs kesehatan. Kr awal bulan september ini angsuran naik. Kr alasan tidak mampu membayar.selama ini saya tidak ada tungakan.

  29. Saya peserta bpjs mandiri.dengan jumlah angota keluarga 3 orag.saat masih bekerja gak keberatan harus mengeluarkan biaya sekitar 150rb perbulan tp .sekarang saya sudah tidak bekerja dan cuma suami aja yg bekerja peghasila jg pas2 an perbulana
    Sya merasa keberatan apalagi deger2 bpjs mau naik.gimana cara menonaktivkan bpjs atau kalo turun kelas.bisa gak ya.??

  30. Muke gile, 5 orang kelas 1, tarif naik jd 160rb-an,sebulan bisa 800rb. Mending berhenti bayar. Tobat. Lebih baik uangnya ditabung sendiri bwt jaga2 kalau besok lusa sakit bisa digunakan.

  31. Assalamualaikum…
    Mohon pencerahannya, cara untuk memblokir bpjs kesehatan yg dikeluarkan dari perusahaan saya bekerja gmana yah?,

  32. Ribet bgt tinggl cancel nma peserta BPJS aj susah? orng mau non aktifkan BPJS hrus byar tunggakan dlu UANG DRI MARDIYAH? Orng mau berhenti aj di ribet2″in pdhal dah setor tiap bulan sedangkan BPJS lom pernah di pkai sma sekali?

  33. Ribet bgt sih knpa gk bsa di perhentikan BPJS nya? Sedangkan kita dah gk mau pakai lg BPJS nya seharusnya di permudah dong? ini nmanya nyusahin orng tinggl di cancel aj nma pemilik krtu BPJS gmpangkan? toh semenjak bkin BPJS lom pernah di pkai pdhal dah setor tiap bulan mkanya kita mau non aktifkan? enk bgt kita mau non aktifkan BJPS hrus byar tunggak kan dlu UANG DRI MARDIYAH? ksel bgt

  34. Sya ingin keluar dri bpjs kesehatan krna sya sudah pindah kk krna saya sudah menikah apa itu bisa?? Cara nya gmna ya?

  35. Saya mau menonaktifkan bpjs anak yg dibuat pas lahir 4bln lalu. Krn blm urus kk+akte’a tp hrs ttp byr smp smua aktif. Sdgkan saya single mom, bisa ngk dinonaktifkan bpjs anak saya?

  36. Mau tanya, saya mempunyai BPJS kelas 2, dan kira” sudah hampir setahun blm saya bayar.. berapa ya dendanya..?

  37. saya juga ingin menonaktifkan BPJS kesehatan karena sudah dapat Kartu Indonesia Sehat (KIS), bagaimana caranya? apakah angsuran BPJS yang tertunggak harus saya lunasi terlebih dahulu?
    jika saya tidak bisa melunasinya bagaimana?
    mohon jawaban ny,trimakasih

  38. @Emma: BPJS tidak bisa dinonaktifkan, hanya nonaktifkan sementara jika peserta menunggak bayar iuran.

  39. @Plolo: Saat ini digunakan harus sesuai presedur, kalau gak ada prosedur jadi asal asalan… Kalau nagih ya, kalau waktunya akan ditagih sesuai dengan kewajibannya.

  40. saat penagihan sigap cepat
    dan saat digunakan /dibutuhkan bertele tele bahkan seringkali diacuhkan…

  41. Saya punya bpjs mandiri, dan ingin menonaktifkannya.. Apa benar harus bayar dulu tunggakan sebelumnya?? Sedangkan kepala keluarga posisinya tidak bekerja.. Apa tidak ada keringanan kah??

  42. Saya ikut bpjs mandiri.3 tahun mnunggak iuran,status non aktif dan saya tidak pernah menggunakan layanan bpjd..
    Sekarang saya cpns dan iuran bpjs ditanggung oleh negara…Ketika mau ngurus bpjs baru cpns..disuruh bayar tunggakan mandiri…
    Kenap saya hrus mbyar tunggakan mandiri…? padahal bpjs mndiri dan bpjs pns itu berbeda

  43. @Dewi Noor: Silahkan datang ke kantor BPJS terdekat untuk pembaharuan data dan bayar tagihannya.

  44. Saya dlu pake kk yg lama saya sudah menikah..kemudian punya kk baru dan punya anak …saya sudah menunggak 1thn saya mw memperbarui b
    pjs saya dengan kk baru ini.dan melakukan pelunasan apa saja syaratnya kax …mhon penjelasanya

  45. Permisi…saya membuat BPJS melalui onlane sudah hampir 2 tahun baru bayar 1kali..apakah bisa…langsung Dateng ke kantor BPJS untuk…mengati Tampa..harus membayar denda keterlambatan…? Saya mau yang di tangung pemerintah maksih

  46. Saya dulu tanggungan pns.
    Tapi tak pernah menggunakan bpjs hingga usia saya sudah limit dan keanggotaan saya di-non aktifkan.

    Sekarang saya baru bekerja, dan perusahaan saya mengatakan saya ga bisa didaftarkan karena harus dikeluarkan terlebih dahulu dari sistem sebelum dimasukkan kembali oleh perusahaan. Saya disuruh lapor sendiri. Saya sendiri bekerja di perantauan.
    Pertanyaan saya, tidak bisakah perusahaan yang membantu menguruskan hal tsb?
    Saya sudah bekerja sebulan lebih dan bjs saya tidak diurus dengan baik padahal saya sudah bekerja sebulan lebih.
    Tolong penjelasan nya.

  47. saya org sby yg sdh pindah domisili DKIdan sdh punya BPJS dari kantor.
    Dari pihak bpjs sby, melalui org tua, saya dapat lagi bpjs pdhl NIK sby sdh tdk aktif dan saya sdh tercatat di NIK DKI.
    bgmn cara menonaktifkan BPJS sby ini?

  48. Bagaimana cara ngurus BPJS yg msh aktip di bekasi,,sdng kan sya posisi skrng sudh pindah ke aceh. Bagaimana cara ngurus ny biar bisa pindah tempat jadi aceh gak bekasi lagi.?

  49. Saya peserta BPJS Kesehatan perusahaan,tetapi sudah 2tahun tidak kerja dan tidak aktif ,dan berobat bayar cast,,,sekarang saya bergabung diperusahaan lain dan harus mengaktifkan kembali BPJS kesehatan.Setelah dicek oleh perusahaan baru,tunggakan bpjs saya 1.300.000,Siapa yg bertanggung jawab atas tunggakan saya tsb?

  50. Saya udah berhenti dari perusahan saya kerja yang sebelum nya
    Tp knpa bpjs saya masih aktif ..
    Saya mau cairkan buat modal usaha..
    Sampai sekarang bpjs masih aktif .

  51. Saya ingin berhenti menjadi peserta bpjs. Tidak ada alasan khusus kenapa saya ingin berhenti. Surat-surat (bukti pendaftaran) sudah hilang.
    Lalu bagaimana cara mengurusnya??

  52. Bagaimana cara untuk pindah ke pbi.? Kami merasa dirugikam karena hanya satu orang yg kerja dam dipaksa ikut bpjs dari pabriknya sehingga sekeluarga harus menanggung ikut bpjs.

  53. saya ingin menonaktifkan BPJS kesehatan karena sudah dapat Kartu Indonesia Sehat (KIS), bagaimana caranya? apakah angsuran BPJS yang tertunggak harus saya lunasi terlebih dahulu?
    jika saya tidak bisa melunasinya bagaimana?

  54. @Mahdi : Maka dari itu sebelum melakukannya di fikir ulang, karena kalau sudah begini jadinya menjadi tanggung jawab anda.. Tapi anda bisa coba datang ke kantor bpjs untuk menjelaskan permasalahan yang terjadi…

  55. Dulu ada kerabat ibu saya numpang di KK keluarga saya, sekarang orang tersebut sudah tidak diketahui keberadaannya dan tidak bisa dikontak lagi oleh kami sekeluarga. Bagaimana cara mengurus keluarnya keanggotaan BPJS dari KK saya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.