Bisakah Daftar BPJS tanpa Kartu Keluarga (KK) ?

Kartu Keluarga untuk Daftar BPJS

Daftar BPJS itu wajib untuk semua orang, dan pendaftarannya tidak bisa hanya salah satu dari anggota keluarga melainkan harus semua didaftarkan. 

Ketika kepala keluarga mendaftar dengan memiliki kelas 2 maka anggota keluarganya didaftarkan dikelas yang sama, dan pembayaran iuran juga dilakukan secara akumulasi dari seluruh keluarga.

Ada yang bertanya, saya belum punya KK (Kartu Keluarga) apakah bisa daftar BPJS?

Kartu Keluarga merupakan salah satu syarat wajib yang harus dilampirkan untuk pendaftaran BPJS, apabila anda belum memiliki KK maka anda harus membuat nya terlebih dahulu ke kantor catatan sipil yang ada didaerah anda.

Ketika KK anda sudah diterbitkan maka anda dapat mendaftarkan diri dan seluruh anggota keluarga menjadi peserta BPJS. Pendaftaran dapat dilakukan secara online, lewat telp ke call center atau datang langsung ke kantor BPJS terdekat.

Daftar BPJS itu gratis, maka hindari calo agar tidak terjadi penipuan. Karena sebelumnya pernah terjadi, adanya kartu BPJS palsu.

Saat mendaftar pilihlah kelas sesuai dengan kemampuan anda, anda bisa pilih kelas 1 dengan iuran Rp80.000, kelas 2 dengan iuran Rp51.000 dan kelas 3 dengan iuran Rp25.500.

Apabila anda tidak mampu maka daftar lah menjadi peserta PBI.

Bagi anda yang bekerja disebuah perusahaan maka kami sarankan untuk mendaftar melalui perusahaan tempat anda bekerja (ppu) dimana iuran peserta akan ditanggung sebagian oleh perusahaan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.