Pembayaran Iuran BPJS dengan Sistem Autodebet di Bank Mandiri dan BNI

Sistem Pembayaran Autodebet BPJS Kesehatan

Setelah menjadi peserta BPJS aktif maka anda memiliki kewajiban untuk membayar iuran setiap bulannya sesuai dengan kelas yang dipilih pada saat pendaftaran dan dibayar secara akumulasi dari seluruh anggota keluarga dalam 1 kk yang terdaftar.

Apabila peserta tidak membayar iuran tepat waktu yaitu sebelum tanggal 10 setiap bulannya maka status bpjs akan di hentikan sementara (non aktif) dan tidak bisa digunakan. Untuk mengaktifkannya maka peserta yang bersangkutan supaya membayar tagihan iuran yang tertunggak.

Berbagai alasan yang disampaikan peserta ketika mereka telat bayar, ada yang beralasan tidak mampu membayar iuran, ada juga yang beralasan karena lupa bayar. Untuk mengatasi hal tersebut maka BPJS Kesehatan memberikan solusinya.

Jika tidak Mampu membayar Iuran BPJS

Apabila peserta tidak mampu membayar iuran bpjs maka sebaiknya untuk mendaftarkan diri dengan memilih kelas yang iurannya lebih ringan yaitu kelas 3 dengan iuran per bulan Rp25.500 per orang atau jika masih tidak mampu lagi maka bisa mendaftar menjadi peserta bpjs penerima bantuan iuran (PBI).

Jika sering lupa bayar iuran BPJS

Untuk menghindari lupa bayar iuran sampai lewat jangka waktunya yang menyebabkan status kepesertaan di hentikan sementara maka sebaiknya anda menggunakan sistem pembayaran autodebet di bank Mandiri atau bank BNI.

Saat ini BPJS Kesehatan telah bekerjasama dengan Bank mandiri dan BNI dalam menertibkan pembayaran iuran peserta dengan menerapkan sistem pembayaran iuran autodebet dari rekening tabungan. Untuk mengaktifkan sistem autodebet maka peserta dapat pergi / datang ke kantor cabang bank yang anda gunakan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


  1. Saya peserta bpjs kls 2, pmbayaran iuran bulanan saya mnggunakan autodebet BRI, sy tdk tau kalau pmbyaran melalui autodebet slm ini di stop, dan hari ini tdk ada pmbreritahuan akan kmbali pmotongan saldo atm, tp saldo saya rerpotong sebesar Rp.714.000..
    Ini bagaimana ya? Sy tdk tau kpn terakhir di stop autodebet, jd saya tdk tau brp harusnya tunggakan saya..

  2. Mf..sya mau tanya.bpjs sya dn ank sya sudh lma gk di bayar.krna sya krja ke luar negri.dan sya ada dapt sms dri bpjs.klo sya suruh bayar denda.sya gk mampu bt byar denda nya.
    gmna ni.mohon petunjuk nya.trims

  3. @Harry: Pendaftaran anak menjadi peserta BPJS silahkan mengikuti KK keluarga yang diikuti.

  4. Bgmn u pendaftaran bpjs u anak yg terpaksa hrs buat Kartu Keluarga sendiri krn orang tua pindah ke kuar kota n memiliki Kartu Keluarga di tempat baru?

  5. Maaf saya mau tanya bpjs saya sdg 2 th kebih tidak bayar hari ini saya byr dan aktifkan seandainya selanjutnya saya byr rutin spa denda yg dulu tetep hrs byr?

Tinggalkan Komentar