Bayar Iuran BPJS Kesehatan dengan Autodebet Tapi 10 Bulan Tak Dipotong

Bayar Iuran BPJS yang telat

Setiap peserta bpjs kesehatan memiliki kewajiban untuk membayar iuran bpjs setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih dan jumlah anggota keluarga yang terdaftar. Misalkan, anda terdaftar di bpjs kelas 2 dengan jumlah anggota 4 maka iuran bpjs perbulan (51.000×4 = Rp204.000).

Iuran tersebut harus dibayar tepat waktu, tidak boleh telat. yaitu dibayar sebelum tanggal 10 setiap bulannya, apabila peserta telat bayar iuran maka status bpjs akan di hentikan sementara dan tidak bisa digunakan sampai tunggakan dilunasi oleh peserta yang bersangkutan.

Sistem pembayaran iuran bpjs bisa melalui atm, bayar di kantor pos, bayar di minimarket (alfamart dan indomaret), bayar di pegadaian, atau juga bisa menggunakan sistem autodebet yaitu potong langsung dari rekening tabungan bank peserta.

Ada sebuah kasus bahwa seorang peserta terdaftar di bpjs dengan jumlah 6 anggota keluarga dan pembayaran iurannya menggunakan autodebet, ketika ingin berobat menggunakan bpjs ternyata status nya di nonaktifkan karena telat bayar iuran selama 10 bulan padahal menggunakan sistem autodebet / potong langsung dari rekening.

Pada dasarnya sistem pembayaran autodebet akan berjalan sebagai mana mestinya dengan memotong langsung saldo tabungan, namun apabila jumlah saldo dalam tabungan tersebut tidak cukup maka pembayaran iuran akan gagal. Maka dari itu pastikan saldo tabungan mencukupi untuk membayar iuran bpjs jika anda menggunakan sisem autodebet.

Solusi untuk masalah ini, peserta yang bersangkutan harus melunasi pembayaran yang tertunda lewat rekening bank atau datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat. Jika sudah dilunasi, maka kartu BPJS Kesehatan tersebut sudah aktif dan bisa digunakan kembali.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


  1. saya peserta pekerja mandiri kls.1,kenapa tagihan saya untuk bulan 1 naik sampai 100% sementara saya rutin bayar tiap bulan,apakah ada kenaikan tarif

Leave a Reply