Bagaimana Pembayaran Keterlambatan Iuran Peserta BPJS Kesehatan ?

Yth, Ibu dan Bapak PanduanBPJS.com, Apabila saya ingin membayar/melunasi tunggakan iuran BPJS Kesehatan (lebih dari satu tahun) apakah harus melalui Kantor BPJS kesehatan dimana saya mendaftar kepesertaan pertama kalinya atau dapat melalui Bank (BNI/BRI/Mandiri) yang terafiliasi untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan ?

Mohon dijelaskan pula mekanisme pembayarannya baik melalui Kantor BPJS maupun Bank (BNI/BRI/Mandiri). Atas perhatian dan informasi yang diberikan, kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Ardia Kusumayudha.

Pembayaran Tunggakan Iuran BPJS Lewat Indomaret

Pembayaran Tunggakan Iuran BPJS Lewat Indomaret via aritunsa.com

Terima Kasih telah menghubungi PanduanBPJS.com, menjawab pertanyaan saudara. Sebelumnya, kami menjelaskan bahwa, peserta yang terlambat membayar iuran statusnya akan di nonaktifkan sementara, sehingga peserta tidak bisa menggunakan kartu bpjs untuk berobat, untuk mengaktifkannya kembali peserta yang bersangkutan supaya dapat melunasi iuran yang tertunggak.

Tunggakan biasanya akan dikirimkan oleh BPJS Kesehatan melalui pos langsung ke Alamat tempat tinggal peserta yang menunggak. Jika anda memiliki tunggakan 1 tahun maka anda bisa melunasinya langsung di kantor BPJS Kesehatan. Adapun untuk tunggakan hanya 1 bulan – 3 bulan cukup melalui ATM atau Bank yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, anda tidak perlu datang ke kantor cabang BPJS. Walau anda telat 1 tahun tapi anda bisa coba juga ke Indomaret.

Baca Juga : Apakah Bayar Tunggakan Bisa dicicil?

Pembayaran Tunggakan iuran juga bisa dibayarkan melalui Indomaret, Alfamart dan Kantor POS. Ketiga perusahaan ini telah menjalin kerjasama dengan BPJS untuk memudahkan para peserta memenuhi kewajibannya membayar iuran, termasuk membayar tunggakan.

Setelah anda melunasi tunggakan 1 tahun tersebut maka sistem akan mengaktifkan kembali status keanggotaan anda, dan anda dapat menggunakan kartu BPJS Kesehatan saat berobat.

Jika ternyata anda menunggak lagi 1 bulan maka status keanggotaan akan diberhentikan sementara lagi. Sama seperti yang telah kami terangkan diatas, untuk mengaktifkannya anda dapat melunasi tunggakan iuran. Pastikan anda selalu membayar iuran tepat waktu selum tanggal 10 setiap bulannya.. Semoga penjelasan ini dapat membantu semua peserta.

Baca Juga : Tidak Mampu Membayar Tunggakan Iuran

Salam,
Peserta BPJS
PanduanBPJS.com

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Saya punya 2 kartu bpjs, bpjs mandiri dan dari pt tempat saya kerja. Apakah saya harus bayar dua2 nya? Kartu Bpjs yang saya daftar pribadi masuk kelas 3, sementara kartu bpjs pt masuk kelas 2.

  2. venty anjassari

    kalau saya haya terlambat 1 bulan,,,, dan skarang tgl 1 saya bayar via atm BNI,,, ternyata pembayaran saya ditolak. padahal saya hanya termbat satu bulan

    • @venty : Silahkan ulangi pembayarannya, jika masih gagal anda bisa coba melakukan pembayaran di Indomaret / Alfamart… Jika masih saja gagaal maka anda bisa bayar iuran di kantor bpjs

Leave a Reply