Alur Pendaftaran dan Pembuatan kartu BPJS Kesehatan

Menjadi peserta BPJS merupakan kewajiban bagi seluruh Warga Negara Indonesia, maka dari itu bagi anda yang belum mendaftar maka segera mendaftarkan diri dan anggota keluarga untuk mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS.

Pendaftaran BPJS dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu daftar melalui situs online atau datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan dengan membawa persyaratan yang diperlukan. Syarat daftar bpjs  yaitu : Fotocopy KK, Fotocopy KTP, Fotokopi Buku Tabungan, Pasfoto berwarna 3×4 1 Lembar.

1. Mengisi Formulir Pendaftaran

Setelah anda datang ke kantor BPJS dan membawa semua persyaratan untuk mendaftar BPJS maka anda selanjutnya mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan. Isi formulir dengan benar, seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat, sampai memilih Faskes 1.

Baca Juga : Tips Memilih Faskes 1

2. Bayar Iuran Pertama 

Setelah anda mengajukan pendaftaran baik Online maupun Offline di kantor BPJS maka anda akan mendapatkan nomor virtual account atau kode bank untuk pembayaran iuran pertama, pembayaran iuran pertama dapat dilakukan setelah 14 hari sejak hari pendaftaran.

Pembayaran iuran BPJS bisa dilakukan melalui ATM atau bank terdekat yang saat ini sudah bekerjasama yaitu bank BRI, BNI dan Mandiri. Iuran yang harus dibayar sesuai dengan kelas yang dipilih dikali dengan jumlah anggota keluarga yang didaftarkan (jika anda mendaftarkan keluarga).

Alur Pendaftaran BPJS Kesehatan

Adapun biaya iuran peserta berdasarkan kelas yaitu untuk kelas 1 sebesar Rp80.000 per orang perbulan, untuk kelas 2 sebesar Rp51.000 perorang perbulan dan untuk kelas 3 sebesar Rp25.500 perorang perbulan.

Jika anda mendaftar sebagai peserta dari perusahaan (PPU) maka besar iurannya adalah sebesar 5 persen dari gaji pokoknya, 2 persen dibayarkan oleh yang bersangkutan dan 3 persen dibayarkan oleh perusahaan tempat pekerja bekerja.

3. Mendapat kartu BPJS Kesehatan yang berlaku di seluruh Indonesia

Setelah anda membayar iuran pertama atau premi bpjs berdasarkan kelas yang dipilih, maka nantinya anda akan mendapat kartu BPJS Kesehatan yang menjadi bukti bahwa Anda merupakan peserta JKN yang dibawa saat akan berobat.

Anda berhak mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan dengan menunjukan syarat berupa kartu BPJS yang anda miliki. Saat ini fasilitas kesehatan yang dimiliki pemerintah otomatis melayani JKN. Sementara fasilitas kesehatan milik swasta yang dapat melayani JKN jumlahnya terus bertambah.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.