Apakah Pendaftaran BPJS Kesehatan Bisa Dibatalkan ?

Wajib Daftar BPJS Kesehatan

Ada salah seorang peserta mengirimkan pesan yang inti dari pesan tersebut menanyakan bagaimana cara pembatalan atau berhenti menjadi peserta BPJS Kesehatan. Tapi apakah bisa membatalkan pendaftaran BPJS Kesehatan? Mungkin anda sendiri sempat memiliki pertanyaan tersebut.

Sesuai dengan Undang – Undang Dasar No.24 tahun 2011 seluruh Penduduk Indonesia wajib mendaftarkan diri dan keluarganya kedalam program BPJS Kesehatan tanpa terkecuali, bahkan orang asing pun yang bekerja di Indonesia lebih dari 6 bulan supaya daftar BPJS Kesehatan.

Melihat Wajibnya menjadi Peserta BPJS Kesehatan sehingga disimpulkan bahwa Pendaftaran BPJS Kesehatan tidak bisa dibatalkan atau dihentikan, karena berlaku seumur hidup. Biasanya, peserta yang ingin berhenti dari BPJS Kesehatan memiliki masalah pada beberapa hal, Kesalahan Input NIK, Kesalahan Data, atau yang lebih umum Alasan Finansial.

Jika ada keselahan Input Data maka peserta dapat melakukan permohonan untuk memperbaharui data pribadinya dengan melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat, anda akan dibantu untuk memperbaiki kesalahan data yang diterdaftar pada program BPJS Kesehatan.

Jika anda ingin berhenti dari BPJS Kesehatan dengan Alasan Finansial maka BPJS Kesehatan memberikan solusi, jika tidak mampu membayar iuran peserta maka peserta dapat mendaftarkan diri menjadi peserta PBI BPJS Kesehatan, karena PBI merupakan program bantuan kepada fakir miskin dan kurang mampu untuk bisa mendapatkan jaminan kesehatan.

Kesimpulan : Peserta yang telah terdaftar program BPJS Kesehatan tidak bisa berhenti, atau yang sudah mendaftar ingin membatalkan, maka itu tidak bisa. Setiap peserta memiliki kewajiban untuk membayar premi, dan ketika peserta sakit dan berobat maka pengobatannya akan ditanggung BPJS Kesehatan.

Baca Juga : Penduduk Indonesia Wajib Daftar BPJS Kesehatan

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply