Seluruh Penduduk Wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan

PanduanBPJS.com – Minat masyarakat terhadap jaminan kesehatan yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus meninggkat. Kini hingga  September 2014 jumlahnya sudah menembus 127.716.365 jiwa. Untuk peserta eks. Jamsostek dan peserta badan usaha baru sebanyak 9.657.171 peserta. Sedangkan peserta mandiri dari pekerja bukan penerima upah sudah tercatat 5.210.622 jiwa.

Jumlah peserta saat ini sudah mencapai target kepesertaan yaitu minimal sekitar 121 juta jiwa dalam tahun 2014. Meski demikian, Direktur Hukum, Komuniasi dan Hubungan antar Lembaga BPJS Kesehatan Purnawarman Basundoro, terus berupaya untuk mempercepat cakupan kepesertaan atau lebih cepat dari target mencakup seluruh penduduk Indonesia yang sudah mencapai 257.5 juta jiwa pada tahun 2019.

Langkah yang dilakukan untuk mempercepat cakupan kepesertaan antara lain dengan membuka pendaftaran secara online di kantor – kantor cabang Bank seperti Bank BNI, Bank BRI, dan Bank Mandiri. Ketiga bank tersebut sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk menerima pembayaran premi dari Peserta. Sesuai dengan Undang – Undang Dasar No.24 tahun 2011 BPJS seluruh penduduk di Indnesia Wajib menjadi Peserta BPJS Kesehatan. Termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 bulan di Indonesia.

Manajemen pelayanan kesehatan dengan proses bisnis yang profesional pun terus ditingkatkan, mulai dari pengelolaan kontrak kerja, mekanisme, pengajuan klain, sampai dengan mekanisme pembayaran ke fasilitas kesehatan.

Peserta BPJS Kesehatan juga bisa mempunyai Polis dari asuransi kesehatan swasta, karena BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan 30 perusahaan asuransi dengan mekanisme koordinasi manfaat. Kerjasama ini memungkinkan pembayaran premi atau iuran premi melalui satu pintu atau tida perlu dobel membayar premi, tetapi mendapatkan manfaat yang lebih tinggi dari standar yang ditentukan aturan BPJS Kesehatan. Sumber : Newsletter BPJS Edisi VII Tahun 2014

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply