Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan Secara Online

PanduanBPJS.com – Melonjaknya pendaftaran peserta BPJS Kesehatan di kantor BPJS membuat sebuah anterian panjang hanyau untuk mendaftar ke program jaminan kesehatan yang sedang di galakkan pemerintah ini, untuk mengatasi hal itu BPJS membuka cara daftar lewat Internet alias daftar online.

sistem pendaftaran BPJS secara Online diharapkan dapat membantu mengatasi masalah tingginya animo masyarakat untuk mendaftar BPJS Kesehatan di Kantor BPJS. Pendaftaran BPJS dapat dilakukan dengan membuka website www.bpjs-kesehatan.go.id kemudian memilih kolom ‘Layanan’ , klik ‘Pendaftaran Peserta’ kemudian menyetujui Syarat dan Ketentuan..

Sebelumnya Calon peserta supaya menyiapkan beberapa syarat yang diperlukan. Baca : Syarat Pendaftaran BPJS Kesehatan dengan rincian nya sebagai berikut : kartu tanda penduduk (Scan KTP), kartu keluarga (Scan KK), kartu nomor pokok wajib pajak (Scan NPWP), alamat e-mail aktif (disarankan GMAIL), serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

pendaftaran BPJS Kesehatan secara Online

pendaftaran BPJS Kesehatan secara Online

Setelah membuka website BPJS Kesehatan anda dapat langsung mengisi data pribadi yang diminta sesuai dengan kolom yang disediakan, setelah semua diisi dengan benar selanjunya klik ‘Simpan’. Setelah mengisi formulir secara lengkap, calon peserta diminta untuk memilih besaran iuran sesuai dengan kelas perawatan yang dipilih.

Setelah data tersimpan, sistem akan mengirimkan e-mail Notifikasi Nomor Registrasi ke alamat e-mail sesuai yang diisikan oleh calon peserta. Selanjutnya calon peserta harus melakukan pembayaran di bank sesuai dengan virtual account yang diberikan melalui Bank Mandiri, BRI atau BNI.

Setelah melakukan pembayaran, peserta dapat mencetak e-ID dengan link yang terdapat pada e-mail Notifikasi Nomor Registrasi. Kartu e-ID dapat dicetak sendiri dengan tinta hitam dan memiliki fungsi yang sama dengan kartu peserta BPJS Kesehatan. Kartu ini dibawa ketika berobat beserta identitas pendukung berupa KTP atau KK jika pasiennya berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki kartu identitas.

Setelah sekitar 7 hari pasca mendaftar online, calon peserta bisa mengambil langsung kartu peserta ke Kantor BPJS Kesehatan mana saja. Jangan lupa untuk membawa kelengkapan dokumen berupa KTP asli dan fotokopi, fotokopi KK, foto berwarna ukuran 3×4 dua lembar, formulir pendaftaran yang didapatkan setelah pendaftaran online, serta bukti pembayaran bank.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Selamat siang, saya ingin mendaftarkan bpjs online u/ ayah saya tapi kenapa nama ibu saya yang sudah meninggal masih ada? Padahal saya sudah perbaharui KK-nya. Mohon bantuannya dan terima kasih.

  2. Kepada Bapak?Ibu BPJS, saya mohon penjelasan, saya ingin mendaftar bpjs, tetapi selalu tertunda,karena saya punya kendala,karena semua nama yg tertera dalam kk harus ikut daftar bpjs, sedangkan anak2 saya,semua tidak tinggal di indonesia,mereka bekerja dan sekolah diluar negeri, lalu bagaimana syaratnya bila saya hanya mendaftarkan saya dan suami yg berada di indonesia saja, mohon bantuan infonya terimakasih ,salam hormat saya Uli Hutabarat

  3. Kepada bpjs
    Tahun kemaren sy sdh trdftr lewat prusahaan tempat sy bekerja,, tapi pas kartu bpjs saya keluar sy pun risain dr perusahaan tersebut,, jd apakah sy bs dftar kembali,,, ???

  4. [email protected]

    sudah 2 hari ini dari tanggal 17-18 Agustus, saya coba untuk daftar secara online baik pagi siang atau malam, selalu stelah upload foto seluruh anggota keluarga, akhirnya internal error. bagaimana yah solusinya? bila daftar secara offline, waktu dengan kerjaan saya tidak memungkinkan

  5. Merry Noviana

    Kepada BPJS.
    Saya ingin bertanya misalkan ayah saya sudah terdaftar masuk BPJS kelas satu. Dan sekarang ingin pindah ke kelas dua dikarenakan iuran BPJS yang mengalami kenaikan. Apakah bisa pindah kelas seperti itu.
    Mohon penjelasannya.

  6. Mia Kamariah

    Saya mia. Ingin bertanya mengenai prosedur pendaftaran peserta BPJS.
    Informasi yang saya terima apabila ingin mendaftar BPJS harus 1 keluarga di daftarkan. Sedangkan saya ingin mendaftar mandiri perorangan.. Usia saya sudah 26 tahun, apakah saya bisa mendaftar BPJS mandiri..?

    • Benar sekali, yang menjadi kewajiban untuk mendaftar adalah Orangtua.. anda.. Jadi harus didaftarkan 1 keluarga. Kecuali jika anda telah menikah dan memiliki Kartu Keluarga Sendiri..

      Terima Kasih

Leave a Reply