Apakah BPJS dari Perusahaan bisa mendaftarkan bayi yang masih dalam Kandungan?

Daftar BPJS untuk Bayi dalam Kandungan

Perlu ga sih mendaftarkan bayi yang belum lahir (masih dalam kandungan) di daftarkan menjadi peserta BPJS? Sebenernya perlu ga perlu sih. BPJS hanya sebuah lembaga jaminan kesehatan yang menawarkan solusi kepada peserta terhadap resiko kesehatan yang terjadi. Jadi anda bisa menimbang sendiri perlu atau tidaknya, sebagian orang bilang perlu sebagian juga tidak.

Perlu jika memang khawatir dengan resiko yang kemungkinan terjadi kepada bayi yang dilahirkan, contohnya ketika ibu melahirkan bayi dengan cara caesar maka bayi perlu masuk ke perawatan yang lebih intensif, dan tentunya ini akan membutuhkan biaya yang banyak, dengan terdaftarnya bayi sejak dalam kandungan BPJS akan memberikan tanggungan terhadap perawatan bayi sejak dilahirkan.

Agil Almunawar seorang peserta BPJS Kesehatan mengirimkan pesan kepada kami yang isinya sebuah pertanyaan mengenai pendaftaran bayi yang masih ada di dalam kandungan untuk orangtuanya yang terdaftar sebagai peserta PPU (BPJS yang diberikan dari perusahaan), apakah bisa?

Menurut informasi yang kami terima, tidak bisa. Jika bayi ingin didaftarkan dalam kandungan maka bayi harus didaftarkan secara mandiri, dengan membayar iuran peserta yang sama seperti yang telah ditetapkan berdasarkan kelas. Baca disini : Iuran BPJS Berdasarkan Kelas | Tapi ada juga yang bisa bisa mendaftarkan bayi dalam kandungan yang mengurus adalah perusahaannya..

Tapi ada ketentuan yang berlaku bagi Peserta PPU yang ingin mendaftarkan bayinya, yaitu Pihak Faskes 1 atau Rumah Sakit memberikan waktu 3×24 jam untuk mengurus pendaftaran bayi yang dilakirkan ke Kantor BPJS Kesehatan. Segera urus kepesertaan bayi anda jika ingin perawatan bayi ditanggung BPJS Kesehatan.

Persyaratan yang harus disiapkan : Membawa Fotocopi KTP, Surat Lahir dari RS / Faskes , Kartu Keluarga. Semua itu dipersiapkan jauh – jauh hari sehingga ketika bayi lahir bisa langsung didaftarkan tanpa perlu ribet menyiapkan lagi. Ketika sudah syarat sudah lengkap anda bisa langsung ke Kantor BPJS untuk mendaftarkan bayi anda yang baru saja dilahirkan.

Saran : Untuk informasi lebih lanjut sebaiknya Anda pergi ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat. Tanya lah seputar kepesertaan BPJS yang ditanggung Perusahaan. 

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply