Apa saja syarat daftar BPJS Mandiri?

Syarat Daftar BPJS

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat yang telah mendaftar menjadi peserta, kepesertaan BPJS bersifat wajib untuk seluruh WNI dan WNA yang tinggal di Indonesia lebih dari 6 bulan. 

Kepesertaan BPJS terdiri dari 3 jenis yaitu peserta yang terdaftar melalui program bantuan pemerintah atau disebut dengan PBI, peserta terdaftar melalui perusahaan tempat mereka bekerja atau PPU, dan peserta yang terdaftar secara mandiri atau disebut dengan PBPU.

Peserta PBI terdapat di kelas 3 dengan iuran dibayar pemerintah, peserta PPU terdaftar dikelas yang disesuaikan dengan besar gaji yang diberikan, sedangkan untuk peserta mandiri bebas memiliki kelas yang diinginkan dengan bersedia membayar iuran setiap bulannya berdasarkan tabel di bawah ini.

Iuran BPJS Mandiri Terbaru 2017

KelasIuran
A. Kelas 1Rp80.000 (Delapan puluh ribu rupiah)
B. Kelas 2Rp51.000 (Lima puluh satu ribu rupiah)
C. Kelas 3Rp25.500 (Dua puluh lima ribu lima ratus rupiah)

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs resmi BPJS Kesehatan atau datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan di daerah anda dengan membawa syarat pendaftaran yang dibutuhkan. Syarat yang harus dipersiapkan diantaranya:

  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. KK (Kartu Keluarga)
  3. Buku Tabungan (BNI, BRI atau Mandiri)
  4. Foto 3×4

Peserta harus mendaftarkan dirinya dan juga anggota keluarga yang ada dalam 1 Kartu Keluarga, pada saat mendaftar maka anda akan mendapatkan Virtual Account untuk melakukan pembayaran pertama, pembayaran pertama dapat dilakukan setelah 14 hari sejak tanggal pendaftaran.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar