Perbedaan BPJS Mandiri dan PBI

Perbedaan BPJS Mandiri dan PBI

Pemerintah memiliki program jaminan kesehatan yang wajib diikuti oleh seluruh masyarakat yang tinggal di Indonesia, dengan membayar iuran setiap bulan sesuai dengan kelas kepesertaan yang dipilih. Namun, bagi kalangan tidak mampu bisa mengikuti program BPJS Kesehatan melalui dinas sosial sehingga dibebaskan iuran.

BPJS memiliki beberapa jalur pendaftaran diantaranya seperti BPJS Mandiri dan PBI (Penerima Bantuan Iuran). Setelah terdaftar menjadi peserta BPJS maka anda dapat berobat gratis di faskes yang telah bekerjasama dengan BPJS. Hampir semua jenis penyakit ditanggung oleh BPJS Kesehatan bahkan tingkat akut sekalipun.

Perbedaan BPJS Mandiri dan PBI

Mungkin, ada diantara kita yang belum faham dan mengerti pengenai perbedaan BPJS Mandiri dan PBI. Maka dari itu, kami bermaksud untuk menjelaskan perbedaan diantara keduanya. Sehingga anda dapat mengetahui lebih banyak mengenai BPJS Kesehatan.

1. BPJS Mandiri

Bpjs Mandiri disebut juga sebagai PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah), dimana anda diwajibkan mendaftarkan diri dan keluarga yang ada di dalam kartu keluarga menjadi peserta BPJS. Anda bebas menentukan kelas yang ingin diikuti dan menentukan faskes yang ingin digunakan.

Baca disini : Jenis Kelas BPJS

Peserta BPJS Mandiri memiliki kewajiban membayar iuran setiap bulannya sesuai dengan kelas yang dipilih, kelas 1 sebesar Rp80.000 per orang, kelas 2 sebesar Rp51.000 per orang, dan kelas 3 sebesar Rp25.500 per orang. Apabila peserta tidak bayar iuran maka status bpjs akan di nonaktifkan.

2. BPJS Bantuan Pemerintah (PBI).

Sesauai dengan namanya, PBI (penerima bantuan iuran) peserta didaftarkan oleh Pemerintah (Dinas sosial) karena tidak mampu. Untuk mendaftar menjadi PBI harus membawa surat rekomendasi keterangan tidak mampu dari kelurahan.

Peserta PBI akan terdaftar di kelas 3, dan tidak bisa pindah kelas. Iuran peserta sebesar Rp25.500 akan dibayar oleh pemerintah / dinas sosial setiap bulannnya, jadi peserta tidak perlu membayar iuran setiap bulan karena semua sudah ditanggung pemerintah daerah.

Baca Juga : Peserta PBI

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.