6 Hobi yang mampu membuat Otak Lebih Cerdas

Hobi Membaca dapat mencerdaskan Otak

Usia manusia terus bertambah, seiring berjalannya waktu kemampuan kerja setiap organ tubuh akan mengalami penurunan, termasuk bagian yang paling penting yaitu otak. Fungsi otak yaitu untuk mengingat dan berfikir, secara bertahap ingatan jangka pendek akan hilang fungsi eksekutifnya sebagai lobus frontal kanan.

Namun kemampuan otak dapat dijaga, walaupun umur terus menua tapi proses penuaan dan hilang ingatan pada otak dapat ditunda. Ada kasus yang menyatakan bahwa sebagian kegiatan yang dimiliki seseorang dapat mengembalikan kemampuan otak, maka jadikanlah kegiatan ini sebagai hobi anda.

Ada 6 kegiatan yang dapat anda jadikan hobi, hobi ini bisa membuat otak menjadi lebih cerdas. seperti yang dilansir liputan6 dari halaman situs Lifehack, Rabu (19/10/2016). 

1.  Hobi Membaca dapat meningkatkan Fungsi Otak

Ada sebuah penelitian pada otak, ternyata membaca benar-benar dapat meningkatkan fungsi otak di beberapa bagian. Maka membaca dapat dijadikan salah satu hobi atau kegiatan yang harus sering dilakukan, membaca dapat merangsang pertumbuhan jalur saraf baru seperti layaknya menyerap informasi baru.

Membaca juga dapat melenturkan bagian-bagian otang yang ada hubungannya dengan pemecahan masalah, menafsirkan suatu kata dan melihat pola. Hal ini dapat meningkatkan memori dan melatih otak untuk mampu berimajinasi.

Beberapa penelitian juga menunjukkan membaca cepat sebagai metode untuk meningkatkan sinapsis (sambungan elektrik antar bagian otak) karena otak harus memproses informasi sensorik cepat.

2. Belajar alat musik

Para ilmuan neuro telah melakukan penelitian bertahun-tahun tentang manfaat dari instruksi musik terhadap peningkatan fungsi kognitif, seperti memori, pemecahan masalah, pemrosesan sekuensial, dan pengenalan pola untuk anak-anak.

Instrumen yang dihasilkan dari memainkan alat musik dapat membuat koneksi saraf antara kedua belahan otak dan mampu meningkatkan volume materi aba-abu. Dengan begitu para ilmuan tersebut percaya bahwa berlatih musik dapat membuat otak bekerja jauh lebih baik.

3. Belajar bahasa baru

Otak memiliki bagian yang bekerja untuk melakukan proses mengeluarkan suara, memberi makna, dan ditanggapi. Orang yang mampu berbahasa lebih dari satu memiliki materi lebih abu-abu di otak. Mereka bisa fokus lebih dari satu tugas pada satu waktu. Yaitu pada bagian  otak yang berhubungan dengan penalaran, perencanaan, dan memori juga lebih berkembang.

Sehingga mendorong para ilmuan untuk mempelajari belajar bahasa terhadap fungsi otak, ternyata dapat membuat fungsi otak jauh lebih baik. Sehingga disimpulkan bahwa belajar bahasa dalam kehidupan seseorang dapat membuat otak lebih cerdas.

4. Bermain teka-teki

Otak terus digunakan untuk berfikir layaknya komputer, otak terus menerima banyak masukan informasi. Untuk meningkatkan fungsi otak maka perlu melakukan olahraga otak.

Olahraga otak dapat dilakukan dengan sebuah permainan seperti teka-teki silah, kegiaan berpikir deduktif, permainan strategis seperti catur. Sehingga otak dipaksa untuk menerima informasi dan membuat koneksi baru.

5. Latihan Dasar

Latihan dasar dapat menghasilkan protein (BDNF) dalam aliran darah. Disaat darah mengalir masuk kedalam otak, maka sel-sel menyerap proten untuk meningkatkan memori dan fokus.

Salah satu eksperimen yang paling menonjol adalah tes memori foto yang diberikan kepada kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen dilakukan sebelum ujian, sedangkan kelompok kontrol tidak. Hasil tes kelompok eksperimen sangat baik, anggotanya mampu fokus pada foto.

6. Yoga / Meditasi

Yoga adalah sebuah olahraga ketenangan berupa meditasi, konsentrasi, pengaturan nafas. Telah diteliti bahwa yoga dapat mempengaruhi fungsi memori dan fokus otak menjadi lebih baik. Meditasi dapat meningkatkan materi abu-abu di daerah otak yang mengendalikan pembelajaran dan memori.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply